Tujuh Ide Bisnis Rumahan yang Sangat Mungkin Anda Lakukan


Semakin banyak orang yang ingin memiliki usaha yang bisa dikerjakan saja dari rumah. Tanpa harus pergi ke kantor dan mengikuti jam kerja yang terkadang terasa begitu lama dan membosankan, memiliki bisnis rumahan adalah salah satu cara yang terdengar cukup menyenangkan untuk dilakukan. Ada yang kemudian memilih untuk menjadikan bisnis rumahan sebagai pekerjaan utama dan ada pula yang memilih bisnis rumahan tetap menjadi sebuah usaha sampingan.

Apa pun alasannya, jika Anda mencari ide yang pas untuk membangun sebuah usaha yang dapat dikerjakan dari rumah, hal-hal di bawah ini mungkin dapat Anda pertimbangkan.

Guru Les Privat

Anak orang aja tak ajar sampai pinter, apa lagi anak kita nanti ??? #kkn #mijen #ngajar #tk

A photo posted by :Debby Andrean Yuniantoko (@debby.andrean) on

Jika Anda menyukai anak-anak dan mengajar, usaha sampingan yang patut Anda coba adalah guru les privat. Jika Anda tidak berkenan atau tidak dapat melakukannya di rumah sendiri karena mungkin keterbatasan ruang, Anda dapat menjadi guru yang mengajar di tempat sang murid.

Sesuaikan saja dengan kemampuan dan keinginan Anda. Boleh saja Anda khusus mengajar satu mata pelajaran atau bahkan seluruhnya, tidak ada yang melarang. Mau menjadi guru bagi mahasiswa atau murid sekolah, lagi-lagi Anda yang menentukan. Dua-duanya memiliki tantangan tersendiri yang mungkin justru dapat Anda jadikan sebagai motivasi.

Jasa Penjahit

Memang banyak sekali toko pakaian atau butik yang menjual pakaian siap pakai, baik online atau on site. Akan tetapi, risiko yang biasanya dialami oleh pembeli di toko adalah model, warna, bahan, dan motif yang sama tidak hanya dijual satu buah. Mengingat sifat manusia yang tidak ingin disamakan dengan yang lain, terutama perempuan apalagi soal penampilan, hal ini dapat Anda jadikan peluang. Dengan menjahit, pelanggan tentu dapat menentukan sendiri model, bahan,dan motif baju yang diinginkannya.

Jasa Fotokopi

Terutama jika Anda berdomisili di sekitar kampus atau sekolah, bisnis rumahan yang satu ini cukup menjanjikan prospeknya. Selain fotokopi, sekalian saja Anda melayani penjilidan, laminating, penjualan ATK, dan lain sebagainya.

Bisnis Kuliner

Gagasan bisnis yang satu ini memang tidak pernah ada matinya. Anda dapat membuka warung makan kecil-kecilan di dalam atau depan rumah jika memiliki lahan yang cukup. Mungkin juga Anda membuat bisnis jasa katering atau bakery. Anda dapat membuat kreasi dengan menyesuaikan kesukaan lingkungan yang menjadi target pasar atau justru membuat satu keunikan sendiri yang akan menjadi ciri khas Anda. Seperti contoh Anda membuka usaha kuliner makanan khas Korea atau baking dengan cita rasa matcha di setiap hasil karya Anda. Baca juga: Usaha Rumahan yang Lagi nge-Trend tahun 2017

Tata Rias atau Salon

Jika Anda memiliki bakat dalam tata rias, prospek yang Anda miliki sebetulnya cukup luas. Apabila Anda tidak ingin membuka usaha salon yang harus memiliki waktu operasional reguler, Anda bisa juga hanya menerapkan sistem booking, misal untuk acara pernikahan, wisuda, pesta, atau acara-acara lainnya.

Freelancer

Tentu saja jika Anda suka bekerja di belakang layar dan sering menghabiskan waktu menjelajahi internet, usaha sampingan yang satu ini patut untuk Anda coba. Mulai dari graphic designer, illustrator, copy writer, data entry, dan segudang jenis pekerjaan lainnya banyak tersedia dan menunggu untuk Anda temukan dan diselesaikan. Apalagi kini sudah semakin banyak bermunculan situs-situs freelancing, Anda sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Bisnis Online

Salah satu pilihan lain bagi Anda yang betah menghabiskan berjam-jam dengan internet dan gawai. Apa pun dapat Anda perjualbelikan secara online (pastikan barang-barang yang legal dan tidak menyalahi aturan). Anda bisa memilih untuk bekerja sendiri dengan memasok barang-barang sendiri atau mengikuti sistem dropship dan reseller.

Itulah tujuh ide usaha yang dapat Anda lakukan dari rumah. Semoga menginspirasi dan selamat berbinis!

Your reaction?
Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in