Tips Memilih Inverter AC to DC


power-inverter

Sebagian besar dari anda mungkin sudah sering mendengar tentang inverter. Namun, sebenarnya bagaimana cara kerja dari inverter itu? Secara sederhana, cara kerja dari alat elektronika ini ialah dengan mengubah input motor listrik yang arusnya bolak balik (AC) sehingga menjadi searah arusnya (DC), barulah kemudian diubah menjadi arus bolak-balik  kembali, namun pada proses ini anda bisa frekuensi sesuai yang anda butuhkan.

Jika anda membutuhkan inverter AC to DC dan berniat ingin membelinya dalam waktu dekat ini, apa saja yang sebaiknya anda perhatikan? Apakah harga inverter itu sangat berpengaruh dengan inverter AC to DC tersebut? agar anda tidak lagi dipusingkan dan merasa bingung sendiri, berikut hal-hal yang harus anda pastikan alias tips memilih inverter AC to DC

Efiensi Daya Yang Akan Keluar

Tidak jauh berbeda dengan genset, inverter AC to DC juga memiliki kemurnian daya keluaran yang nantinya akan dihasilkan. Sebagai contoh, jika inverter AC to DC ini memiliki efisiensi sebesar 9)% pada tyooe sebesar 1000 watt, maka daya yang nantinya dapat dihasilkan ialah 900 watt, begitu juga seterusnya.

Jadi, pilihlah efisiensi daya keluar yang lumayan besar, sehingga nantinya akan bisa bekerja dengan lebih besar lagi. Hal inilah yang jarang diperhatikan oleh seseorang hingga pada akhirnya menimbulkan keluhan ketika digunakan.

Komponen

Yang juga sangat penting dalam membeli inverter AC to DC ialah komponen apa saja yang terdapat pada inverter AC to DC.  Tanyakan apakah inverter AC to DC yang akan anda beli menggunakan trafo+IC atau hanya sekedar IC? Jika menggunakan trafo+IC, maka bisa dipastikan bahwa inverter AC to DC memilik ketahanan terhadap panas yang  jauh lebih baik.

Dari yang sudah-sudah, inverter AC to DC dengan komponen tersebut bisa digunakan hingga 10 tahun lamanya. Jadi, meskipun harga inverter ini lebih mahal, maka bisa dipastikan dapat nada gunakan dalam waktu yang lumayan lama.

Harga Inverter

Tidak jauh berbeda dengan produk-produk lainnya, harga inverter juga sangat mempengaruhi kualitas dari inverter itu sendiri. Jadi, ketika anda berniat membeli inverter AC to DC, pilihlah yang memiliki harga yang lumayan.

Mungkin sebagian dari anda masih berpikir mengapa harus membeli inverter AC to DC dengan harga yang mahal, sedangkan tersedia yang murah. Namun, bukankah jauh lebih baik jika anda cukup membeli inverter AC to DC satu kali saja, dan bisa anda gunakan dalam waktu yang lama?

Gelombang Inverter

Yang harus anda ketahui, ada tiga jenis gelombang yang bisa anda temui pada inverter, yakni

  1. Gelombang modified alias sine wave. Gelombang ini cukup baik untuk peralatan elektronik, dan selama ini banyak sekali digunakan karena memiliki harga yang cukup murah.
  2. Gelombang Kotak atau Square. Anda harus berhati-hati dengan gelombang ini karena bisa merusak peralatan elektronik dengan mudahnya jika tidak tahan dengan induksi balik yang dihasilkan.
  3. Gelombang sinus murni alias pure sine wave. Sedangkan gelombang yang terakhir ini merupakan gelombang yang akan menghasilkan keluaran terbaik, bisa dibilang setara dengan jaringan listrik dari PLN. Namun pastiya harga inverter dengan gelombang ini cukup mahal.

Garansi Servis

Hal terakhir yang tidak boleh anda lupakan ketika membeli inverter AC to DC ialah garansi servisnya, karena barang-barang seperti ini memang cukup rentan terhadap kerusakan yang bisa terjadi  kapan saja.

Tanyakan garansi servis dengan benar dan teliti, jika memang ada tanyakan juga syarat-syaratnya sehingga garansi servis ini tidak akan terbuang percuma.

Your reaction?
Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in