Tips Listrik Aman di Rumah, Perhatikan Hal Penting Berikut ini!


tips-listrik-aman-di-rumah

Sebagian besar peralatan rumah tangga bergantung pada listrik. Ya, listrik adalah salah satu bagian paling penting yang harus ada di rumah masyarakat modern. Tak hanya masyarakat yang disebut “modern” saja, listrik sudah menjadi kebutuhan primer hampir semua keluarga.

Memang listrik adalah kebutuhan dan menjadi bagian dari hidup. Namun, jika tidak diperhatikan – listrik malah bisa menimbulkan bahaya. Agar listrik tetap aman di rumah – perhatikanlah hal penting berikut ini. Mari simak tips listrik aman di rumah yang akan dipaparkan melalui poin-poin berikut.

Ragam Tips Listrik Aman di Rumah

Beri perhatian pada buku panduan

Setiap peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik sebagai sumber daya pasti memiliki buku panduan. Jangan langsung disimpan atau dibuang, ya! Buku panduan selalu disertakan dalam paket pembelian karena memang berguna. Agar penggunaan alat rumah tangga berlistrik tersebut tetap aman – perhatikan buku panduan cara menggunakan alat tersebut dan bagaimana merawatnya agar tetap aman.

Jangan sembarang menyalakan dan mematikan

Mungkin kadang kala kita punya kebiasaan mencabut kabel stopkontak langsung tanpa mematikan peralatan listrik terlebih dahulu. Nah, ada baiknya untuk segera singkirkan kebiasaan tersebut. Hal ini untuk menghindari percikan bunga api saat menyalakan kembali peralatan tersebut – yang berpotensi terjadi kebakaran.

Beri ruang di antara peralatan listrik

Setiap peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik akan menghasilkan energi panas ke daerah sekitarnya saat dinyalakan. Oleh sebab itu, jangan letakkan peralatan yang berlistrik ersebut di tempat yang padat dan tertutup ataupun sangat dekat dengan peralatan listrik lainnya. Contohnya: Tidak menempatkan rice cooker yang menyala di atas kulkas. Wah, bisa, bahaya!

Matikan semua peralatan listrik saat pemadaman listrik terjadi

Saat pemadaman listrik terjadi, ada baiknya untuk segera mematikan dan mencabut semua peralatan listrik yang tadinya menyala sebelum listrik kembali menyala. Ini untuk menghindari beberapa peralatan listrik yang menyebabkan listrik malah mati karena dayanya yang sangat besar ketika pemadaman sudah tidak terjadi. Ataupun, beberapa peralatan listrik yang berpemanas malah menyebabkan penghuni rumah kecelakaan.

Harga Grosir!! Stop Kontak Broco, Panasonic, Philips, Diskon Sampai 30%

Rawat instalasi atau pemasangan listrik secara berkala

Jika memang memungkin, cek sendiri apakah instalasi listrik masih dalam keadaan bagus dan terawat. Periksa apakah ada kerusakan kabel dan sebagainya. Bahkan, lebih bijaksana lagi jika mengganti semua jalur instalasi secara rutin yaitu sekitar sekali setiap lima tahun. Anda bisa menyimpan peralatan-peralatan kelistrikan yang bisa digunakan untuk memeriksa dan merawat instalasi listrik di rumah. Memang beberapa produk harganya cukup mahal namun tak salah, kan, untuk memiliki satu unit untuk kepentingan di rumah juga. Salah satunya adalah KYORITSU 3125 High Voltage Insulation Tester yang digunakan untuk mengecek tegangan tinggi pada listrik.

Selain beberapa tips listrik aman yang sudah disebutkan di atas, bagi keluarga yang memiliki balita – haruslah lebih ekstra hati-hati lagi. Beberapa hal yang bisa Anda perhatikan, antara lain: Penggunaan penutup stop kontak, menaruh barang-barang elektronik di tempat yang aman seperti misalnya laci serta stop kontak yang tak mudah dijangkau oleh anak-anak. Terlihat sangat simpel dan sepele, bukan? Namun, beberapa tips tersebut terbukti memberi keamanan di rumah. Jangan lupa juga edukasi anak-anak mengenai tips listrik aman di rumah agar sama-sama bisa menjaga keamanan penggunaan listrik di rumah.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi sekeluarga, ya!

Your reaction?
Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in