Kampung Zakat, Awal Kebangkitan Ekonomi dari Desa

Kampung Zakat, menjadi konsep yang sederhana namun punya banyak makna. Ini merupakan terobosan dari Baznas Provinsi Bengkulu, untuk membangkitkan perekonomian masyarakat dari kelompok terkecil, yakni desa. Konsep Kampung Zakat pun diharapkan akan mampu mewujudkan hal tersebut. Bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Rejang Lebong, nantinya di kampung zakat ini akan dibentuk pusat kerajinan yang akan dibuat perkelompok, dimana nantinya satu kelompok terdiri dari 5 orang.

Setiap kelompok nantinya akan dibina, dan diberikan modal untuk berusaha. Pinjaman modal inipun tetap akan dikembalikan, dimana setiap kelompok menyicil iuran, tanpa adanya bunga. Hal ini sengaja di lakukan, sebagai bentuk terobosan agar zakat yang selama ini di salurkan, dapat semakin produktif.

Salah satu kampung zakat percontohan adalah di Desa Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong. Tempat ini sengaja dijadikan percontohan mengingat masyarakat disini terkategori layak menerima bantuan. Apalagi Kecamatan Kota Padang ini masih terkategori “Texas”, sehingga jika di tempat ini sukses, maka akan dikembangkan ditempat yang lain pula.

Peresmian Kampung Zakat ini dilaksanakan pada Jum’at Siang (29/12). Acara inipun diresmikan langsung oleh Ketua Baznas Provinsi Bengkulu, Drs. H. Mukhtaridi Baijuri, MM. Selain meresmikan kampung zakat ini, Baznas Provinsi juga menyalurkan Zakat bagi masyarakat Rejang Lebong, sebesar Rp. 249,7 Juta.

Bantuan yang diberikan berupa bantuan program bedah rumah, bantuan pendidikan (beasiswa) dan peralatan sekilah, bantuan alat pertanian, bantuan sembako, hingga bantuan kursi roda.

“Berdasarkan permintaan dana zakat bagi mustahik di kabupaten rejang lebong menyasar kepada beberapa kelurahan dan desa. Bantuan kita salurkan melalui berbagai program dari Baznas Provinsi Bengkulu” kata Mukhtaridi.

Bulkis S, Th.I.,M.Hi selaku Ketua KUA Kota Padang Rejang Lebong, menyambut baik hal tersebut. Ia pun siap mendukung penuh setiap kegiatan Baznas Rejang Lebong dan Baznas Provinsi Bengkulu.

“Kita dari KUA Kota Padang sangat mendukung hal tersebut, semua kegiatan Baznas yang bersifat kemaslahatan ummat, apalagi dalam hal membangun kampung sadar zakat di Kota Padang ini, ” ungkapnya.

 

71 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *