Beberapa waktu lalu, Bengkulu Youth Forum (BYF) binaan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Mohammad Saleh, telah mengumumkan 25 Pemuda Inspirasi Bengkulu 2017. Bengkulu Youth Forum merupakan komunitas pemuda-pemudi yang memiliki dedikasi tinggi dalam berbuat hal-hal positif dan semangat dalam memajukan Bengkulu. Pemuda inspiratif ini diharapkan mampu menjadi pelopor kemajuan daerah, karena Bengkulu membutuhkan berbagai hal yang hanya dapat dilakukan oleh anak muda yang berjiwa kreatif, cerdas, dan inovatif.

Harapan tinggi itu disampaikan langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Ia juga mengajak pemuda Bengkulu untuk bersama-sama mengangkan daerah Bengkulu dari ketertinggalan. Apalagi Bengkulu sudah didukung sumber daya alam yang melimpah, mulai dari energi, sejarah, budaya, hingga pariwisata.

“Anak muda harus berperan dalam memajukan daerah. Potensi daerah yang beragam harus dimanfaatkan dengan baik agar menghasilkan hal yang positif, Daerah kita ini kaya akan sejarah, budaya dan pariwisata, untuk itu kita harus bangga menjadi orang Bengkulu” papar Rohidin.

Salah satu dari 25 pemuda inspiratif itu adalah Muharram, S. Kom. Ia terpilih menjadi Pemuda Inspiratif Bidang Politik.

Anak Petani

Muharram

Diceritakan Muharram (31), dirinya sempat terkejut saat panitia menghubunginya dan mengatakan bahwa dirinya terpilih menjadi pemuda inspiratif BYF tahun 2017. Dirinya yang hanya anak petani dengan kehidupan sederhana, seakan tidak percaya atas apresiasi tinggi dari BYF itu.

Memberikan Arahan Saat Menerima Penghargaan

Namun jangan salah sangka, atas prestasi yang telah dicapai oleh Muharram. Diusianya yang menginjak 28 tahun, dia sudah menjadi ketua partai tingkat provinsi, yakni DPW PSI Provinsi Bengkulu 2014-2019. Iapun menjadi ketua partai termuda di Provinsi Bengkulu.

Banyak hal yang mendorongnya untuk menjadi anggota partai politik, salah satunya adalah pengalaman organisasi dan lingkungan sekitarnya. Tujuannya adalah untuk membuka cakrawala politik kepada anak muda, alias melek akan politik. Karena menurutnya, selama ini anak muda tidak terlalu memikirkan politik secara positif, terbukti banyak anggota parpol yang diisi oleh orang tua yang berusia di atas 45-60 tahun. Merekapun seakan “terlambat” untuk menempuh jalur politik itu.

“Kalau politik diisi dengan orang-orang baik maka politik pun akan jadi baik. Apalagi di parlemen yang ada. Karena sesungguhnya pembangunan dan perekonomian suatu daerah akan maju jika diisi orang-orang baik” Kata Muharram.

Berpolitik untuk tingkatkan ekonomi daerah & keluarga

Pemuda yang tumbuh besar di Desa Kertapati, Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah ini, sadar betul bahwa politik dengan ekonomi tidak bisa di pisahkan. Karena untuk memajukan perekonomian daerah, hanya bisa dilakukan dengan kekuasaan, yang ditempuh lewat jalur politik, baik itu eksekutif, maupun dibidang legislatif. Dirinyapun berharap dengan kesuksesannya dibidang politik kelak, dapat mengangkat daerah tempat tinggalnya itu keluar dari keterisoliran.

Bersama Pengurus PSI Se Indonesia

Dirinyapun mendorong anak muda, dan pemerintah harus mempunyai niat baik dan bersinergi dalam mensejahterakan masyarakat. Iapun juga menyarankan kepada pemerintah, agar menumbuh kembangkan perekonomian Bengkulu berdasarkan kearifan lokal. Para pemimpin harus memikirkan kesejahteraan petani, yang menurut BPS merupakan mayoritas utama di Provinsi Bengkulu.

“Pemerintah harus membina dan memikirkan produktivitas petani, penstabilan harga, dan rutinitas penjualan. Karena bagaimana mereka bisa sejahtera jika harga jual mereka saja tidak pasti. Dan Pemerintah juga harus menghadirkan industri atau pabrik berdasarkan komoditas unggulan yang ada di Bengkulu, seperti padi, karet, kopi hingga pabrik sawit” ujar Muharram.

37 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *