Yuk, Konsumsi Jeruk Bali. Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jeruk Bali | Masyarakat Indonesia, sudah cukup mengenal jenis buah yang satu ini. Jeruk bali dapat diketahui dengan jelas dari bentuk nya yang sangat besar (seperti buah melon), berbeda dengan jeruk-jeruk biasanya yang berukuran lebih kecil. Namun siapa yang menyangka bahwa jeruk bali ini mempunyai khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber yang sudah diolah bisnisbengkulu.com, Buah jeruk bali memiliki banyak kandungan mineral, vitamin dan juga senyawa lain yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Buah ini juga memiliki manfaat dijadikan sebagai sumber makanan yang bisa mencegah beberapa macam penyakit.

Hasil riset Huang-Ge Zhang, D.V.M., Ph.D dan Qilong Wang, Ph.D dari University of Louisville menyebutkan, nanopartikel yang berasal dari jeruk bali mampu mengirimkan beragam agen terapi untuk tubuh. Di antaranya adalah obat antikanker dan protein untuk daya tahan tubuh.

Sementara menurut Pakar Herbal dari Universitas Indonesia, Dr. Abdul Mun’im, M.Si, Apt. menyebut, jeruk bali bermanfaat untuk mengobati diare dan sembelit. Abdul Mun’im mengatakan, pendapat tersebut belum tentu benar. “Penelitian terhadap khasiat jeruk bali untuk mengobati kanker tersebut memang sedang berlangsung, tapi belum teruji kebenarannya,” ujar pakar herbal ini. Seperti dikutip dari situs smallcrab.com.

Tapi ingat, ada sejumlah pantangan saat mengonsumsi buah ini. Jangan pernah memakannya bersamaan dengan obat. Salah satu zat yang berada dalam jeruk bali akan mengikat enzim alami yang ada di dalam usus sehingga mengurangi penyerapan beberapa jenis obat pada tubuh seperti obat antidepresi, dan obat penghambat kalsium.

Jeruk Bali dapat diketahui dari bentuknya yang besar

Nah, seperti apa saja manfaat buah jeruk bali untuk kesehatan tubuh manusia? mari kita simak informasinya di bawah ini:

Sebagai Antioksidan

Dari segi kesehatan, jeruk bali termasuk satu dari berbagai macam jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada buah jeruk bali tersebut sangatlah penting untuk kesehatan tubuh karena bisa mencegah masuknya radikal bebas yang akan masuk pada tubuh. Radikal bebas sendiri mempunyai banyak sekali pengaruh negatif untuk kesehatan tubuh karena bisa memunculkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Mengobati Sariawan & Kaya Vitamin C

Jeruk Bali memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Karena ituah, jeruk bali juga seringkali dimanfaatkan dalam mengobati sariawan.

Jeruk bali adalah sumber vitamin C (350 mikrogram per 100 gram daging jeruk). Vitamin C sangat baik sebagai sumber antioksidan. Perokok dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk bali dua “siung” (helai dalam buah) setiap hari. Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak, bahkan kanker, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

Dapat Mencegah Kanker

Selain mempunyai antioksidan tinggi yang bisa untuk mencegah radikal bebas ke dalam tubuh, jeruk bali juga mempunyai kandungan kalium. Kalium juga bisa membantu tubuh dalam menangkal dan mencegah pertumbuhan sel kanker, sehingga sangat efektif dalam mencegah penyakit kanker dan juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Buah jeruk bali mempunyai kandungan senyawa bernama pectin. (Satu porsi jus jeruk bali mengandung lebih dari 3,9 persen pektin. Setiap 15 gram pektin dapat menurunkan 10 persen tingkat kolesterol). Kandungan senyawa pectin ini diyakini bisa untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Singkatnya, manfaat buah jeruk bali tergolong sangat baik untuk anda yang mempunyai kolesterol.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, pectin yang terdapat pada buah jeruk bali tergolong sangat efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan terjaganya kesehatan jantung tersebbut maka bisa terhindar dari kemungkinan mengalami serangan jantung yang tergolong berbahaya bagi kesehatan pada tubuh anda.

Membersihkan Sel Darah Merah

Buah Jeruk Bali mempunyai kandungan zat aktif yang tergolong sangat baik dan juga sangat efektif dalam membersihkan sel darah merah anda, selain bisa membersihkan sel darah merah, zat aktif yang terdapat pada buah jeruk bali bisa meningkatkan kadar darah pada tubuh dan juga sangat bermanfaat dalam mencegah munculnya gejala-gejala anemia pada tubuh anda.

Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan tingkat hematokrit, yaitu persentase sel darah per volume darah. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen, sedangkan laki-laki 40-54 persen. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia, tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental.

Mencegah dan Mengobati Hipertensi

Bagi anda yang menderita hipertensi, jeruk bali termasuk salah satu buah yang juga baik dalam kesehatan anda. Hal tersebut disebabkan karena buah jeruk bali bisa untuk mengendalikan tekanan darah dan bisa menurunkan tekanan darah anda.

Menjaga daya Tahan Tubuh

Berbagai macam kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada manfaat buah jeruk bali bisa membantu tubuh supaya tetap terjaga imunitas dan kekebalannya. Dengan kekebalan tubuh yang terjaga, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti batuk dan flu.

Anti Inflamasi dan Anti Bakteri

Jeruk bali juga mempunyai manfaat yang baik sebagai salah satu buah yang bisa menjadi zat antiinflamasi dan anti bakteri. Dengan mengonsumsi buah jeruk bali, maka anda bisa terhindar dari peradangan, dan juga terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti penyakit typhus.

Pohon Jeruk Bali memiliki buah yang lebat dan bisa menghasilkan sepanjang tahun

Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Manfaat buah jeruk bali yang lainnya yaitu dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Hal tersebut tentu saja akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan organ dalam pada tubuh.

Baik untuk Kesehatan Organ Pencernaan

Sama seperti jenis buah yang lainnya, jeruk bali mempunyai kandungan serat yang tergolong cukup tinggi. Tingginya serat tersebut sangat baik dalam menjaga kesehatan dari organ pencernaan dan bisa menghindarkan anda dari gangguan organ pencernaan seperti wasir, diare, dan sembelit.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas pada buah jeruk bali juga bermanfaat dalam mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Terutama gejala penuaan dini, seperti elastisitas kulit yang sudah menurun dan munculnya kerutan-kerutan pada wajah.

Sebagai Masker Wajah

Sifat antibakteri yang dimiliki oleh buah jeruk bali, bisa juga anda manfaatkan dalam melakukan suatu perawatan pada kulit wajah anda, dengan cara mengelolahnya menjadi masker wajah. Masker dari buah jeruk bali sendiri mempunyai banyak sekali manfaatnya, diantaranya yaitu:

– Mengangkat sel kulit mati
– Membersihkan jerawat
– Mencerahkan Wajah
– Mengontrol Minyak pada Wajah.

Berikut ini adalah langkah untuk mengelola buah jeruk bali menjadi masker wajah.

– Ambillah buah jeruk bali sesuai dengan selera.

– Blender buah jeruk bali tersebut sampai halus.

– Oleskanlah hasil gilingan jeruk bali pada seluruh bagian wajah.

– Diamkanlah 15 sampai 30 menit, kemudian bilaslah sampai bersih dengan memakai air dan juga face wash.

 

Inilah beberapa informasi tentang manfaat buah jeruk dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang manfaat buah jeruk bali untuk kesehatan tubuh manusia.

 

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *