BI & OJK Pastikan Bitcoin Haram. Benarkah Bitcoin Masuk Bengkulu?

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu telah memastikan bahwa virtual currency atau uang digital termasuk bitcoin, dilarang penggunaanya. Apalagi hingga saat ini belum ada aturan yang mengatur bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Hal ini seperti dijelaskan Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra. Untuk itulah, BI secara tegas melarang masyarakat untuk ikut terlibat didalamnya termasuk menggunakan bitcoin.

“Kami sudah menyampaikan kepada masyarakat, yang intinya tentang larangan memakain Bitcoin sebagai alat pembayaran” kata Endang saat dikonfirmasi tim bisnisbengkulu.com.

Lantas, Kenapa Bitcoin dilarang?

BI melarang transaksi virtual currency karena uang digital ini memiliki banyak kelemahan yang bisa menimbulkan risiko kerugian kepada masyarakat. Karena tidak ada regulator yang mengatur mengenai peredaran uang ini. Lebih lagi tidak ada kepastian hukum untuk masyarakat karena mereka bisa saja merugi tanpa bisa meminta pertanggung jawaban kepada pihak yang telah mengajak mereka melakukan transaksi itu.

Pelarangan ini dilakukan BI dalam rangka melaksanakan prinsip kehati-hatian, menjaga persaingan usaha, pengendalian risiko, dan perlindungan terhadap konsumen. Pelarangan inipun guna mencegah berbagai tindak kejahatan, seperti modus pencucian uang, pendanaan untuk terorisme. Serta untuk menjaga kedaulatan Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

OJK Tak Akui Bitcoin

Sementara itu, Kepala OJK Bengkulu, Yan Syafri juga memastikan bahwa pihaknya melarang penggunaan bitcoin. Karena ketidak jelasan status hukumnya an tingkat spekulasinya yang sangat tinggi (tidak logis). Hal inipun berpotensi merugikan masyarakat.

“Masyarakat harus waspada dengan tawaran ini. Karena ketidak jelasan status hukumnya dan tingkat spekulasinya yang tinggi. Kamipun (OJK) sampai sekarang tidak mengakui bitcoin sebagai produk Investasi keuangan yang sah,” kata Yan Syafri.

Bitcoin Masuk Ke Bengkulu?

Kupon yang Beredar di Masyarakat

Hanya saja, dari informasi yang beredar, saat ini Bitcoin sudah masuk dan banyak diikuti oleh masyarakat Bengkulu. Bahkan banyak undangan yang beredar untuk mengajak masyarakat mengikuti bitcoin. Tak tanggung-tanggung, panitia juga memberikan doorprice bagi peserta bitcoin.

Promo Bitcoin di Bengkulu
News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *