Tentang Kereta Api Kota Padang – Pulai Baai, Dishub : Tinggal Selangkah Lagi

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Budi Djatmiko, bersama dengan tim kerja mengikuti Rapat Pembahasan Usulan Persetujuan Trase Jalur Kereta Api Propinsi Bengkulu, Segmen Kota Padang – Pulau Baii. Rapat lanjutan yang ke 2 ini dilaksanakan di Ruang Rapat LLAKA Gd Karya Lt 11 Kementrian Perhubungan RI, yang dipimpin langsung oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Zulmafendi, pada kamis (25/1) siang.

Kegiatan ini turut diharidi Tim dari PT. Pelindo II Bengkulu dan pihak PT Rentang Nusantara (RTN) sebagai pemrakarsa pembangunan ini.

Ada 5 Point Penting

Dalam paparannya, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Bengkulu menyampaikan berbagai paparan dari Rencana Pembangunan Jalur KA di Propinsi Bengkulu, khususnya Trase Kereta Api Propinsi Bengkulu Segmen Kota Padang-Pulau Baai.

Dimana dari hasil evaluasi permohonan persetujuan Trase jalur Kereta Api Segmen Kota Padang- Pulau Baai, terdapat beberapa catatan yang pada prinsipnya telah memenuhi persyaratan umum yang dikehendaki Kementrian Perhubungan RI. Adapun catatan itu sebagai berikut :

  1. Rencana pembangunan Jalur Kereta Api Segmen Kota Padang-Pulau Baai sudah sesuai dengan RTRW Provinsi Bengkulu sebagaimana tercantum dalam Perda No 2 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Prop Bengkulu 2012-2032.
  2. Perkeretaapian Provinsi Bengkulu penetapan trasenya dilakukan oleh Gubernur Bengkulu
  3. Melengkapi Berita Acara Evaluasi Trase di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu
  4. Gubernur Bengkulu telah mengusulkan rencana pembangunan jalur KA Segmen Kota Padang-Pulau Baai menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk menggantikan rencana pembangunan Jalur KA Segmen Muaraenim – Pulau Baai sebagaimana tercantum dalam surat Gubernur Bengkulu No: 655.2/1073/DISHUB/17 tgl 22 Des 2017.
  5. Trase Jalur Kereta Api sudah sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan Pulau Baai, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP 898 Tahun 2016.

Budi Djatmiko pun mengaku Optimis dalam waktu dekat semua ini dapat terealisasi.

“Pertemuan ini merupakan yang kedua kalinya di Ditjen Perkeretaapiaan Kemenhub. Pembahasan fokus pada teknis Trase jalur kereta api Kota Padang menuju Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Dan dari hasil pembahasan rapat secara teknis sudah tidak ada masalah lagi, tinggal pengajuan persetujuan dari Dirjen Kereta Api ke Kemenhub dan selanjutnya nanti ditetapkan Trase oleh Gubernur Bengkulu” Jelas Budi Djatmiko saat dikonfirmasi tim bisnisbengkulu.com

 

27 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *