Sri Mulyani Dorong BUMN Ikut Proyek Infrastruktur, Kenapa?

Menteri Keuangan meminta agar BUMN untuk serius mengikuti proyek pembangunan Infrastuktur di Indonesia. Hal ini ditegaskan Sri Mulyani, dalam keterangan pers nya.

“Presiden Jokowi sudah berkali-kali menyampaikan disidang kabinet meminta seluruh kegiatan ekonomi termasuk proyek-proyek pembangunan infrastruktur harus cukup memberikan ruang dan peran yang sama juga seimbang antara BUMN dan swasta,” ujar Sri Mulyani, Rabu (7/2).

Ditegaskan perempuan yang akrab disapa Ani itu, Presiden Jokowi telah menyampaikan instruksi tersebut secara langsung kepada Kementerian BUMN dan kementerian-kementerian lain, agar bisa memberikan ruang yang seluas-luasnya supaya swasta dapat berpartisipasi.

Terpisah, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, Armand Hermawan mengatakan, langkah aktif Pemerintah dalam membantu BUMN mencari pendanaan guna mendukung pembangunan infrastruktur tersebut sangat sangat baik dan efektif.

Menurutnya, partisipasi swasta dan BUMN dalam pembangunan infrastruktur merupakan langkah strategis untuk optimalisasi penggunaan APBN maupun APBD menjadi kredibel, sehingga dalam penggunaannya dapat dialokasikan bagi sektor lain yang tidak kalah pentingnya.

Saat ini sudah banyak tersedia ruang investasi swasta termasuk BUMN serta investor asing, salah satunya dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Investor swasta lokal maupun asing saat ini memahami peluang-peluang yang sangat baik dalam berinvestasi dalam infrastruktur. Investor juga tidak perlu khawatir untuk mengambil opsi tersebut mengingat Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah banyak memberikan dukungan yang diperlukan” jelas Armand Hermawan.

Sumber : Radarmalang.id

28 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *