2018 Format Baru Pencairan DD & ADD, Kepala Desa Wajib Baca

Bengkulu – Pemerintah terus mempermudah proses pencairan dana desa. Langkah ini sengaja dilakukan agar dana desa benar-benar memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan di kawasan perdesaan.

Jika sebelumnya proses pencairan baru bisa dilakukan awal Maret, mulai tahun ini kepala desa sudah bisa menerima dana desa pada Januari. Selain itu, persyaratan pencairan juga dipermudah.

“Untuk diketahui pada tahun ini ada perubahan bentuk, guna mempermudah pencairan dana desa. Kalau tahun lalu baru bisa cair Maret, Agustus, atau bahkan ada yang Desember, untuk tahun ini Januari sudah bisa dicairkan,” ujar Rinardi Kakanwil DJPBN Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, jika tahun 2017 pencairan dilakukan dalam 2 tahap, maka tahun 2018 ini ada perubahan, yakni pencairan dilakukan selama 3 kali, bahkan bisa dilakukan sejak bulan Januari. Yakni Januari sebanyak 20 persen, Maret 40 persen, dan Juli 40 persen.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada satupun desa di Bengkulu yang sudah melakukan pencairan.

“Per Januari ini belum ada satupun desa yang melakukan pencairn Dana Desa”ujarnya.

Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu, Ali Sadikin

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Bengkulu, Ali Sadikin mengakui bahwa ada kendala yang dihadapi oleh setiap desa dalam pencairan ini. Apalagi format ini baru dilakukan ditahun 2018. Bahkan dari hasil koordinasinya ke kementrian, permasalahan diawal tahun ini tidak hanya terjadi di Bengkulu, namun di seluruh desa di Indonesia.

“Beberapa kendala tersebut diantaranya, beberapa kabupaten belum disahkannya perda tentang APBD. Beberapa kabupaten juga belum ada ditetapkannya Perbup tentang rincian DD dan ADD. Karena semua itu merupakan salah satu syarat penyaluran dari Pusat (RKUN) ke Kabupaten (RKUD)” jelas Ali Sadikin.

Untuk diketahui, dana desa yang diterima Provinsi Bengkulu tahun 2018 menurun bila dibandingkan tahun 2017. Jika dulu Bengkulu menerima Rp. 10.346.048.540,- maka tahun 2018 menerima Rp. 9.783.337.479,- atau turun sebesar 5,44 persen.

“Semua itu karena telah berkurangnya angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu. karena itulah, DD & ADD yang diterima Bengkulu turun dibandingkan tahun 2017” tutup Ali.

News Reporter

1 thought on “2018 Format Baru Pencairan DD & ADD, Kepala Desa Wajib Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *