BI Diminta Tingkatkan Capacity Building BUMP di Bengkulu

Bengkulu – Sebagai upaya mewujudkan peningkatan kapasitas Badan Usaha Milik Petani (BUMP) yang ada di Provinsi Bengkulu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu meminta agar Bank Indonesia (BI) dapat membantu peningkatan atau Capacity Building 9 BUMP yang ada di Provinsi Bengkulu. Hal ini seperti disampaikan oleh Majestika, Kepala Dinas Disnakeswan saat ditemui tim bisnisbengkulu.com.

Dijelaskan Majestika, pihaknya selama ini selalu membina banyak hal teknis dalam pengembangan BUMP yang bergerak dalam usaha bisnis ternak sapi. Namun banyak keluhan yang mereka temui di lapangan, yakni mereka (BUMP) sangat minim pengetahuan tentang perbankan. Bahkan tak sedikit BUMP yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan akses peminjaman modal.

“Kita berharap Bank Indonesia Bengkulu dapat memberikan pelatihan guna peningkatan capacity building BUMP yang ada ini, agar mereka juga melek keuangan. Termasuk cara-cara membuat proposal guna mendapatkan bantuan pinjaman. Hal ini juga semata-mata agar BUMP itu berdaya” kata Majestika.

Bahkan saat ini Draft MoU antara Disnakeswan dan BI pun tengah dirancang, agar kerjasama yang dihasilkan dapat betul-betul tepat sasaran dan tepat guna.

“Target 2 bulan ini semua draft MoU itu sudah selesai ya, sehingga program pelatihan itu dapat segera terealisasi. Intinya BI bisa mengawal BUMP menjadi bankable atau laku, begitu” ujarnya.

Sementara itu, Endang Kurnia Saputra, Kepala BI Perwakilan Bengkulu mengakui bahwa pihaknya siap membantu BUMP yang ada. Namun bantuan seperti apa masih akan mereka survei terlebih dahulu. Hal ini penting guna meminimalisir jangan sampai terjadi miss komunikasi antara BI, Disnakewan, dan BUMP itu sendiri.

“Kami akan mensurvei dulu BUMP mana yang layak untuk diadakan kerjasama. Kita juga ingin melihat apa sebenarnya masalah yang dihadapi oleh BUMP. Agar jangan sampai formula yang kami berikan tidak sesuai dengan “penyakit” yang mereka derita” jelas Endang.

Hanya saja saat ini mereka belum bisa membina 9 BUMP sekaligus. Namun secara bertahap hal itu diharapkan dapat terealisasi.

“Kami minta 1 atau 2 BUMP terbaik usulan Disnakeswan Provinsi yang mana kira-kira yang layak untuk jadi pilot project” tutupnya.

 

22 total views, 1 views today

News Reporter

1 thought on “BI Diminta Tingkatkan Capacity Building BUMP di Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *