Menteri Koperasi & UKM Minta Pelaku UKM Sektor Wisata Gabung Koperasi

Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga minta dalam pengembangan pariwisata tetap mempertahankan kearifan lokal.

“Zaman sekarang banyak investasi dari pemodal besar dalam dan luar negeri yang masuk ke wilayah pariwisata di Indonesia. Jangan sampai hanya para investor yang mendapat keuntungan. Masyarakat juga harus mendapat keuntungan dari perkembangan destinasi wisata di daerahnya”, kata Puspayoga dalam siaran pers pada Rabu (14/2).

Terkait hal itu, Puspayoga berharap agar banyak dibangun homestay di pedesaan-pedesaan, yang akan berdampak langsung pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat disana.

Baca juga : Kemenkop UKM Sosialisasi Aplikasi EWS untuk Koperasi & UKM di Bengkulu

“Selain itu, juga harus dibangun para UKM yang mampu menghasilkan produk-produk khas daerah sebagai cinderamata bagi para turis yang datang, termasuk mengembangkan kuliner khas daerahnya,” tutur Puspayoga.

Puspayoga melanjutkan agar bisa berkembang kuat, sebaiknya para UKM tergabung dalam satu wadah bernama koperasi. Bagi Puspayoga, perkembangan sebuah destinasi wisata tidak akan terjadi tanpa pertumbuhan UKM-nya. Begitu juga sebaliknya, UKM takkan bisa berkembang tanpa sektor pariwisata.

“Antara sektor pariwisata dan UKM merupakan dua sisi mata uang yang saling melengkapi”, tandas Menkop dan UKM.

Baca juga : Kemenkop UKM Sosialisasi Aplikasi EWS untuk Koperasi & UKM di Bengkulu

Sumber : kontan.co.id

9 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *