Suku Bunga KUR Turun & 12 Perubahan di Tahun 2018, Yuk Update!!!

Bengkulu – Kabar gembira datang kepada Calon Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Seluruh Indonesia tak terkecuali di Provinsi Bengkulu. Dimana Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Permenko ini sendiri merupakan pengganti peraturan sebelumnya yang sudah berlaku efektif sejak 1 Januari 2018 yang lalu.

Adapun 12 ketentuan baru untuk KUR tersebut adalah :

  1. Turunya suku bunga dari 9% menjadi 7%.
  2. Kelompok Usaha menjadi penerima KUR
  3. Skema KUR Khusus (untuk perkebunan, peternakan, dan perikanan rakyat)
  4. Pengaturan porsi penyaluran minimum ke sector produksi
  5. Skema KUR multisektoral
  6. Mekanisme pembayaran YARNEN dan Grace periode
  7. Perubahan istilah KUR Ritel menjadi KUR Kecil
  8. Plafon KUR Mikro untuk sector produksi sebesar 25 jt per siklus produksi, sedangkan diluar sektor produksi maksimum akumulasi plafon sebesar 100%
  9. Penyaluran KUR bersamaan dengan kredit lain diperbolehkan (Kartu kredit, KPR, SSRG, dlsb)
  10. Struktur biaya KUR penempatan TKI
  11. KUR untuk masyarakat perbatasan
  12. KUR untuk optimalisasi KUBE (Kelompok Usaha Bersama)
Rinardi, Kakanwil DJPBN Prov Bengkulu

Dijelaskan Rinardi, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Negara Provinsi Bengkulu, KUR sengaja dilakukan guna meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif. Selain itu juga untuk meningkatkan kapasaitas daya saing usaha mikro, kecil, menengah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Rinardi pun turut mengapresiasi besarnya minat debitur Bengkulu, dalam menyerap anggaran ini. Terbukti, penyaluran KUR sektor Produksi Bengkulu yang sebesar 51,83%, berada di atas target nasional yang hanya sebesar 40%.

“Realisasi KUR 2017 di wilayah Provinsi Bengkulu sebesar Rp.785.353.093.200 (92,33% dari target) dengan jumlah debitur 27.739 (74,73% dari target). Penyaluran KUR terbesar di manfaatkan oleh Kabupaten Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu, sedangkan yang terendah adalah Kabupaten Lebong” kata Rinardi.

 

44 total views, 1 views today

News Reporter

1 thought on “Suku Bunga KUR Turun & 12 Perubahan di Tahun 2018, Yuk Update!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *