BKIPM Bengkulu Lepasliarkan Kepiting di Hutan Bakau

Bengkulu – Tim Pengawasan, Pengendalian dan Informasi Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bengkulu yang dipimpin oleh Jonis Setiawan, sabtu pagi (24/2) berhasil mengamankan 5 ekor kepiting bakar berukuran dibawah 200 gram yang hendak dikirim ke Jakarta. Lantaran melanggar Permen KP No 56 Tahun 2016, BKIPM pun akhirnya menyita 5 ekor kepiting bakau ini, dan memberikan pembinaan kepada pemilik barang.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan fisik di Instalasi SKIPM Bengkulu, kita menemukan 5 ekor kepiting dibawah ukuran 200 gram. Selanjutnya atas sepengetahuan pemilik, barang bukti ditahan di Instalasi SKIPM Bengkulu” kata Jonis.

Kepiting Bakau Dilepasliarkan

Ardinan Pribadi

Sementara itu usai dilakukan penyitaan, 5 ekor kepiting bakau ini dilepasliarkan oleh BKIPM Bengkulu di hutan bakau kawasan Pulau Baai Kota Bengkulu, Senin (26/2). Pelepasliaran ini turut disaksikan oleh Lanal Bengkulu, PSDKP KKP, dan Pengawas Perikanan Provinsi Bengkulu. Kegiatan inipun dipimpin langsung oleh Ardinan Pribadi, Kepala BKIPM Bengkulu.

Menurut Ardinan, pelepasliaran ini rutin mereka lakukan kendati tangkapan atau sitaan yang ada, jumlahnya masih sedikit. Mereka tidak ingin menunda-nunda demi keberlangsungan hidup hewan yang diamankan.

“Demi keamanan, kesehatan dan keberlangsungan hidup hewan itu sendiri, kami tidak menunda-nunda pelepasliaran ini. Berapapun yang kami tangkap, sesegera mungkin akan kami lepasliarkan” kata Ardinan.

Selain itu, menurut Ardinan Pribadi, pelepasliaran kepiting ini juga dilakukan untuk menjaga ekosistem dan kelangsungan sumber daya alam. Hutan bakau pun dipilih sebagai lokasi pelepasliaran karena cocok sebagai tempat habitatnya.

“Kita sengaja lepasliarkan mereka (kepiting) di hutan bakau karena inilah tempat kepiting bakau hidup dan berkembang biak” katanya kepada Bisnisbengkulu.com.

Foto Bersama Usai Kegiatan

 

News Reporter

1 thought on “BKIPM Bengkulu Lepasliarkan Kepiting di Hutan Bakau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *