Dewan Kota Minta DLH Kreatif dalam Pengolahan Sampah

Bengkulu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu menggelar hearing dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Senin (26/2). Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari sidak yang dilakukan DPRD beberapa waktu yang lalu, dibeberapa titik dikawasan Kota Bengkulu.

Anggota DPRD Kota Bengkulu, Sawaludin mengungkapkan dari pantauan mereka banyak bak sampah sudah tidak layak pakai. Seperti yang berada di belakang gedung olahraga (GOR) Sawah Lebar. Bahkan baunya sudah sangat tidak sedap karena sampah terkadang tidak tertampung lagi.

“Bukan hanya bak sampah yang harus dibenahi namun ada pula yang tak kalah pentingnya yakni Armada, 12 unit bak sampah agar bisa terangkut oleh armada atau mobil nantinya,” ujarnya.

Dia meminta biaya penganggaran dan perawatan unit untuk menampung dan mengangkut sampah harus dianggarkan untuk kedepannya, agar tidak menjadi alasan bagi DLH Kota Bengkulu.

“Berapa kali angkut armada dalam satu hari agar turut pula ditinjau ulang,” imbuhnya.

Disisi lainn, ia juga menanyakan pungutan di pasar minggu harus diorganisir lagi, jangan sampai pihak lain ataupun pungutan liar yang berlaku di sana. menurutnya hearing ini diharapkan terwujud nyata jangan sampai hanya sebatas wacana.

Sementara itu Sudisman, dalam kesempatan ini juga berharap adany gebrakan dan inovasi dari DLH Kota Bengkulu. Menurutnya, daerah lain sudah berinovasi dengan sampah seperti membuat pengelolaan sampah menjadi pupuk, gas, bahkan dikreasikan menjadi kerajinan.

“Sedangkan kita masih berkutat dengan hal yang mendasar, ini harus benar-benar kita evaluasi,” lengkapnya.

Butuh Tambahan Armada

Kepala Dinas LH Kota Bengkulu, Syanurbi

Kepala DLH Kota Bengkulu, Syarnubi mengungkapkan banyak halangan dan rintangan dalam tugas yang diemabnnya. Menurutnya, Kota Bengkulu memerlukan 126 unit bak sampah di semua titik, namun kenyataannya baru 40 unit saja bak container sampah yang ada. Begitupun dengan armada yang sangat kurang.

“Armada harusnya 30 unit dari yang tersedia 14 unit, tapi akan ada tambahan armada sebanyak 12 unit. Setra buldoser yang hanya 1 unit dari yang dianggarkan 3 buah pastinya ini pun masih kurang, maka dari itu ABPD harus kita tingkatkan lagi di tahun ini” ungkapnya.

 

Sumber : MC Pemkot Bengkulu

28 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *