Minta Pengusaha Taati Permen KP No 56 Tahun 2016

Bengkulu – Kendati telah dilakukan sosialisasi terus menerus oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bengkulu, masih ada saja pengusaha-pengusaha Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp) dan Rajungan (Portumus pelagius spp) yang melakukan pengiriman dibawah ukuran yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. Seperti yang tertuang dalam Permen KP No 56 Tahun 2016.

Seperti kasus yang terjadi saat pemeriksaan fisik di Instalasi SKIPM Bengkulu pada sabtu pagi. Dimana saat itu, 5 ekor kepiting bakau diketahui berada dibawah ukuran (under size) dari 192 ekor kepiting bakau yang hendak dikirim ke Jakarta.

Dijelaskan oleh Ardinan Pribadi, Kepala BKIPM Bengkulu, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada para pengusaha, untuk menaati Permen KP No 56 Tahun 2016. Ia pun menghimbau kepada para pengusaha untuk tidak mengirim barang yang berada dibawah 200 gram.

“Kita berharap para pengusaha untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Karena aturan itu dibuat pasti untuk tujuan ke arah yang lebih baik. Kita akan terus lakukan sosialisasi baik di Kantor kami maupun di tempat-tempat pengepul mereka” jelas Ardinan.

1 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *