Berikut Pesan Untuk Bebby Hussy, Ketua BPD AEKI Bengkulu

Bengkulu – Bebby Hussy akhirnya resmi menjadi Ketua BPD AEKI Provinsi Bengkulu periode 2018-2023. Prosesi pelantikan dilakukan pada selasa (27/2) pagi dengan turut disaksikan oleh Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Banyak pesan yang disampaikan oleh Plt Gubernur dalam kegiatan ini, salah satunya adalag keinginannya agar kopi Bengkulu menjadi komoditas ekspor utama Bengkulu.

Hal ini bukan tanpa alasan, dijelaskan Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, produksi kopi Bengkulu telah mencapai angka 60–70 ribu ton per tahun. Hal inipun membuat Bengkulu merupakan Provinsi ke 3 nasional dalam hal produksi kopi.

“Jika kopi dikelola dengan baik maka kopi akan menjadi komoditas ekspor utama Bengkulu. Selama ini kan keluar lewat Lampung, lewat Sumatera Selatan ini semua akan kita kelola dengan industri pengolahan siap ekspor,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Karena jika di ekspor melalui Pelabuhan Pulau Baai, selain akan meningkatkan harga pada tingkat petani juga dapat memperbaiki neraca ekspor Bengkulu dan pertumbuhan ekonomi Bengkulu akan semakin baik.

Ia juga berharap agar AEKI tak hanya mengurusi ekspor, namun juga nasib para petani kopi.

“Yang tidak kalah penting adalah melakukan pembinaan pada petani agar produktifitas kopi dapat sesuai dengan standar yang ada. Kalau bisa di suport dengan bibit bagus dengan pendampingan, sehingga semua produksi hasilnya bisa standar,” ungakap Plt. Gubernur Rohidin Mersyah.

Sementara itu, dengan adanya kepengurusan ini, Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat AEKI Pranoto Sunarto berharap agar AEKI Provinsi Bengkulu dapat bersatu untuk mengangkat nama Bengkulu di kancah perkopian karena menurutnya dari dulu tidak ada yang tidak kenal Bengkulu akan kopinya, namun semua kopi keluar lewat Lampung dan Palembang.

“Saya harapkan nanti dengan adanya pelabuhan dan lain sebagainya Bengkulu akan menjadi terbaik di Indonesia dengan kopinya,” harap Pranoto Sunarto.

Sejalan dengan itu ketua AEKI Provinsi Bengkulu terpilih Bebby Hussy mengungkapkan kunci untuk mengangkat kopi Bengkulu adalah sinergi seluruh stake holder untuk mendukung kopi Bengkulu. Karena banyak masyarakat Bengkulu yang bergantung kepada pertanian kopi.

“Saya yakin kopi Bengkulu ini bisa berjaya dan menjadi salah satu komoditas unggulan dari Provinsi Bengkulu yang akan datang. Termasuk kami juga meminta agar pemerintah memperjelas kawasan perkebunan kopi Bengkulu yang selama ini masuk dalam kawasan lindung” jelas Bebby Hussy.

News Reporter

1 thought on “Berikut Pesan Untuk Bebby Hussy, Ketua BPD AEKI Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *