Rombongan Istri Pejabat Negara, Kagum Liat Batik Besurek

Bengkulu – Dalam kunjungannya ke Provinsi Bengkulu, Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja Bidang Sosial Budaya, menyempatkan diri berkunjung ke salah satu Rumah Batik Bengkulu “La Mentique”, di kawasan Penurunan Kota Bengkulu, Rabu (28/02).

Dalam kunjungan ini, Rombongan OASE Kabinet kerja yang terdiri dari 10 anggota dipimpin ketua rombongan Nora Ryamizard Riyakudu, tampak antusias terhadap batik khas Bengkulu, Kain Besurek.

Selaku anggota OASE Kabinet Kerja Bidang Sosial Budaya Ridho Ekasari Idrus mengatakan, Kain Besurek merupakan kerajinan batik yang unik, memiliki kekhasan tersendiri dan tidak dimiliki oleh kultur bangsa atau provinsi lain di Indonesia. Oleh karena itu, sudah seharusnya masyarakat Bengkulu bangga akan Batik yang didalamnya mengandung filosofi islam yang dipadukan dengan kekhasan Bengkulu lainnya, salah satunya Bunga Rafflesia Arnoldi.

“Walaupun tidak seperti huruf asli dari Al-Qur’an tetapi dengan filosofi berurek itu artinya bersurat atau bermakna. Jadi kita pun kalau memakai itu, selain ada karakter budaya juga ada Rafflesia Arnoldi-nya, lalu juga dengan motif-motif, warna-warna cantik. Jadi betul-betul terlihat ciri khasnya,” ungkap Ridho Ekasari Idrus yang juga merupakan istri dari Menteri Sosial RI Idrus Marham.

Ridho Ekasari Idrus juga berharap Kain Besurek ini tidak hanya dikenal dan diminati oleh masyarakat Bumi Rafflesia atau masyarakat Sumetera saja. Tetapi juga bisa dikenal hingga ke tingkat Nasional bahkan Internasional. Selain itu, pihaknya juga akan membantu dalam hal promosi Batik Khas Bengkulu ini.

“Saya lihat disini dari datang sampai selesai ini perpaduan warnanya sekarang sudah sangat bagus ya dan mengikuti perkembangan zaman sekarang. Jadi alangkah baiknya dihadirkan lebih bagus lagi dan mudah-mudahan mancanegara bisa mengenal Kain Besurek ini,” punkasnya.

OASE- Kunjungan Kerja Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Perekonomian dan Pembangunan Yuliswani memberikan apresiasi atas kehadiran Rombongan OASE Kabinet Kerja ini. Disamping itu, dirinya meyakinkan, Pemda Provinsi Bengkulu melalui dinas teknis terkait bekerjasama dengan para pengrajin, akan terus berkreasi dan mempromosikan Kain Besurek.

“Kita Pemda Provinsi Bengkulu akan terus berupaya mengembangkan dan meng-ekspose batik khas Bengkulu ini. Sejauh ini pembinaan dan kerjasama dengan para pengrajin juga terus dilakukan oleh dinas teknis,” jelas Yuliswani.

Sumber : MC Pemprov Bengkulu

61 total views, 1 views today

News Reporter

1 thought on “Rombongan Istri Pejabat Negara, Kagum Liat Batik Besurek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *