Hut Ke 99 Damkar Kota Bengkulu

Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar upacara HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) atau yang biasa juga disebut pasukan berani api. Peringatan HUT ke-99 tersebut digelar di Lapangan Kantor Walikota Bengkulu, Kamis (1/3) lalu.

Bertindak sebagai inspektur upcara, Asisten I Pemkot Bengkulu Fachriza Razie mengucapkan selamat ulang tahun kepada para pasukan berani api. Dia pun berharap agar kinerja seluruh korps damkar bisa terus ditingkatkan.

“Selamat ulang tahun kepada Damkar Nasional yang ke-99, teruslah tingkatkan kinerja. Semoga Allah selalu bersama kita semua,” ucap Fachriza, membacakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Fachriza berharap, Damkar Kota Bengkulu terus meningkatkan prestasi. Tak hanya dalam pemadaman kebakaran, tapi juga membantu keselamatan masyarakat.

“Tugas tambahan untuk Damkar adalah ikut serta dalam memperkokoh persatuan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Dia mencontohkan, damkar juga wajib ikut serta menangani kecelakaan, banjir, dan pengamanan masyarakat.

Simulasi Kebakaran

Usai peringatan upacara ini, personel damkar juga mendemonstrasikan penanganan kebakaran. Beberapa atraksi yang dilakukan adalah cara memadamkan api saat terjadi kebakaran ringan di rumah.

“Apabila terjadi kompor meledak, jangan panik tapi segera ambil handuk yang telah dibasahi air kemudian letakkan ke atas kompor tersebut,” jelas Kabid Pencegahan Kebakaran Damkar Kota Bengkulu, Yuristyawati.

Lebih lanjut, Yuristyawati menyarankan agar masyarakat menyediakan Alat Pemadam Api (Apar) di rumah. Tujuannya agar bahaya kebakaran bisa diantisipasi.

“Sediakan alat pemadam kebakaran dirumah, ini penting agar api cepat dipadamkan,” sampainya.

Sumber : MC Kota Bengkulu

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *