Jadi Muslimah Itu Harus Berwirausaha

Nasional – Dilahirkan dengan nama Irma Darmawatie Bastaman dari ibunda Aisyah Gandadimadja di Padaherang, 8 Nopember 1963, Irma menjadi anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ayahnya adalah Rd S Bastaman, mantan anggota dewan yang turut memengaruhi Irma aktif di masyarakat.

Irma sedari kecil dikenal sebagai sosok yang cukup berbakat dan berprestasi. Dia menjalani masa kecil dengan tinggal bersama kakeknya, Rd Wangsapira di Kota Banjar. Irma memulai pendidikan formal di SD Negeri 2 Banjar, lalu melanjutkan ke SMP Negeri 1 Banjar, dan SMA Negeri 1 Banjar. Selanjutnya, Irma menuntut ilmu di Universitas Padjadjaran Bandung.

BACA JUGA : 

Halaman Korem 041/Gamas Bengkulu Jadi Kebun Jagung

Sepatu “Mark Footwear” Siap Merajai Pasar Bengkulu

BKIPM Bengkulu Lepasliarkan Kepiting di Hutan Bakau

Perjalanan karier Irma mulai dari pekerjaannya sebagai penyiar di TVRI dan radio Mara FM. Sewaktu kuliah, dia aktif sebagai senat di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Setelah lulus sarjana, Irma beralih kerja di salah satu perusahaan asing Sara Lee Corp. sebagai area manager se-Pulau Jawa.

Irma Bastaman menikah dengan seorang pengusaha bernama Dr HM Harris dan dikaruniai tiga putra. Seiring dengan berkembangnya usaha suami, Irma memilih lebih fokus untuk bekerja di Bella Group yang bergerak di bidang otomotif bersama sang suami.

Dalam bidang profesi dan keorganisasian, Irma pernah aktif menjadi pengurus Asosiasi Manajer Indonesia, dosen STIE Akpari, dan Kaukus Perempuan Politik. Saat ini, Irma Bastaman memegang jabatan Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Priangan timur.

Di Ipemi, Irma berharap bisa mengembangkan usaha dan berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Politisi dari Partai Demokrat itu ingin membantu pengusaha skala kecil, khususnya kaum Muslimah, agar bisa bersaing.

Menurut Irma, keberadaan Ipemi dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di antaranya melalui penguatan ekonomi pengusaha Muslimah, jemaah majelis taklim, dan komunitas Islami lainnya.

Irma menuturkan, Ipemi bisa menjadi inspirasi bagi para Muslimah lainnya. Ipemi meningkatkan peranan dan kontribusi pengusaha muslimah. Irma mengungkapkan, Ipemi terbuka untuk kaum Muslimah di mana pun, baik yang sudah menjadi pengusaha maupun yang baru memulai berwirausaha.

Sumber : Media PikiranRakyat.com

17 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *