Senator Apresiasi Rencana Pendirian Bank Wakaf Mikro di Pesantren Bengkulu

JAKARTA – Rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu yang hendak mendirikan Bank Wakaf Mikro pada pesantren di Bengkulu mendapatkan apresiasi dari Senator Riri Damayanti John Latief.

Dijelaskan Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga SEMAKU itu, dengan adanya pendirian Bank Wakaf Mikro di pesantren selain dapat menyelesaikan persoalan keuangan di pesantren tersebut, namun juga diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah yang berkesinambungan dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

BACA JUGA : 

Gerak Cepat, BI Kumpulkan Seluruh Pimpinan Perbankan

BI : Berikut Cara Aman Transaksi Non-Tunai

OJK Bengkulu Cari Ponpes Untuk Terapkan Bank Wakaf Mikro

“Dengan hadirnya lembaga ini, masyarakat yang sulit mengakses keuangan bisa melakukannya dengan mudah. Sehingga lapangan kerja menjadi terbuka dan daya beli meningkat,” kata Riri.

Tak berhenti disitu, Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu itu juga berharap dengan adanya Bank Wakaf Mikro di tengah-tengah Pesantren yang umumnya berada di pedesaan, maka lembaga keuangan ini pun diharapkan mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan bagi masyarakat sekitar.

“Harapannya tidak hanya di satu dua pondok pesantren saja. Namun bila memungkinkan menyentuh perwakilan Pondok Pesantren yang ada di 10 kabupaten kota yang ada di Provinsi Bengkulu,” kata Riri yang juga merupakan anggota DPD RI Komite III.

Keberadaan Bank Wakaf Mikro ini juga merupakan komitmen OJK bersama pemerintah untuk terus memperluas penyediaan akses keuangan masyarakat, khususnya bagi masyarakat menengah dan kecil.

Bank Wakaf Mikro diharapkan bisa menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal khususnya di lingkungan pondok pesantren.

Menurut Kepala OJK Bengkulu, Yan Syafri, saat ini baru ada 20 Bank Wakaf Mikro di berbagai penjuru Indonesia yang juga ada di lingkungan pondok pesantren. Diharapkan pada pertengahan tahun 2018 ini Bank Wakaf Mikro akan segera dilaunching di Provinsi Bengkulu.

“Bank Wakaf Mikro ini rencananya akan didirikan di seluruh Indonesia. Untuk Bengkulu, kami masih dalam tahap survey terhadap beberapa pesantren yang ada di Provinsi Bengkulu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kita sudah dapatkan pesantren yang tepat,” ujarnya.

News Reporter

1 thought on “Senator Apresiasi Rencana Pendirian Bank Wakaf Mikro di Pesantren Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *