BKIPM Dorong Percepatan Ekspor Komoditi Perikanan Provinsi Bengkulu

Bengkulu – Upaya guna meningkatkan ekspor produk perikanan dari Provinsi Bengkulu, terus dilakukan. Terakhir seperti yang dilakukan oleh Badan Karantina Ikan dan Penjamin Mutu (BKIPM) Provinsi Bengkulu, yang mengadakan Sosialisasi Persyaratan Ekspor dalam Rangka Percepatan Ekspor Produk Perikanan dari Provinsi Bengkulu.

Kegiatan inipun diadakan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu tahun 2018. Banyak pembicara dan undangan yang menhadiri sosialisasi ini, mulai dari Kepala Beacukai Bengkulu, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Disperindag, Perwakilan IPC, Para GM Air Line yang ada di Bengkulu, serta Produsen atau calon eksportir sendiri seperti UD. Hendra dan UD. Annisa 88.

BACA JUGA : 

Kain Besurek Dipromosikan Dalam Nusantara Expo 2018

BKIPM Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Pantai Panjang Bengkulu

Sifat Serakah, Rentan Terjebak Investasi Bodong

Dijelaskan Ardinan Pribadi, Kepala BKIPM Bengkulu, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepala seluruh calon eksportir perikanan, terkait persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan eksportasi produk perikaanan.

BKIPM pun mempertemukan kedua pihak, agar ada solusi untuk kemajuan Komoditi Perikanan di Bengkulu.

“Makanya kami kumpulkan seluruh instansi terkait yang membidangi perijinan ekspor ini, dan mempertemukan mereka dengan calon eksportir perikanan” kata Ardinan.

Foto Bersama Perserta Sosialisasi

Tak hanya perizinan, kegiatan inipun dilakukan oleh BKIPM Bengkulu untuk mempertemukan Pembeli dan Penjual.

“Kita juga senang sekali, dalam kegiatan ini turut hadir buyer/pembeli perwakilan dari Singapura. Mudah-mudahan hal ini memberikan nilai positif pagi calon eksportir Bengkulu” jelas Ardinan.

2 Perusahaan Siap Ekspor Perdana

Sampai saat ini, ekspor produk perikanan Bengkulu belum secara langsung melalui Bengkulu. Banyak produk Bengkulu yang singgah di Lampung, Jakarta, hingga ke Batam sebelum akhirnya di Ekspor. Namun, dalam waktu dekat, 2 perusahaan di Bengkulu diketahui telah cukup syarat untuk melakukan ekspor perdananya, yaitu UD Hendra dan UD Annisa 88.

74 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *