Hari Lahir Pancasila, Momentum Perkuat Keutuhan Bangsa

Bengkulu – Setiap tanggal 1 Juni, diperingati sebagai hari lahir pancasila. Sangat pentingnya momen ini ditandai dengan dijadikannya hari libur nasional oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Peringatan hari lahirnya Pancasila pun jadi momentum persatuan bangsa dalam NKRI. Karena Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia mengandung makna sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke.

BACA JUGA : 

Senator Riri Ajak Warga Budha Sukseskan Visit Bengkulu 2020

Indonesia Peringkat 109 dari 144 Negara Soal Keterlibatan Perempuan

BEI Bengkulu Ajak ASN Menabung Saham

“Kita semua adalah Indonesia. Satu tanah air. Hilangkan rasa iri hati dan benci terhadap sesama, apapun agama dan sukunya. Karena kita adalah saudara. Dari Sabang sampai Marauke,” kata Senator termuda Indonesia Riri Damayanti John K. Latief.

Sebagai anak muda, Riri mengajak generasi seusianya untuk memahami akan sejarah lahirnya Pancasila.

“Pendiri bangsa ini adalah orang yang sangat hebat. Makna Pancasila pun sangat dalam untuk dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, hingga Sila ke lima, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Saya yakin pemuda Bengkulu semuanya hafal dan berharap bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” harap Riri.

Pancasila sendiri terdiri dari lima sila. Mulai dari aila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sila ketiga: Persatuan Indonesia. Sila keempat: Kerakyatan Yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Dan sila kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh rakyat
Indonesia.

Terakhir, menyoroti situasi yang berkembang di media sosial, Sang Senator Riri merasakan bahwa saat ini situasi nasional sedang dihadapkan permasalahan serius. Yakni banyak pihak yang berusaha membenturkan Islam dengan Pancasila.

“Jangan sampai Islam dan Pancasila itu dibanding-bandingkan. Seolah-olah di benturkan. Karena Pancasila itu sendiri lahir dari para pemikir-pemikir Islam yakni para ulama, apalagi kelima Sila dalam Pancasila merupakan perwujudan dari nilai-nilai Islam itu sendiri,” tutup Riri.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *