Dirut: RSUD M Yunus Bengkulu, Siap Hadapi Mudik Lebaran 2018

Bengkulu – Pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit menjadi hal yang dipertanyakan oleh masyarakat menghadapi libur panjang, yakni lebaran tahun 2018. Namun, RSUD M Yunus Bengkulu sudah menyiapkan langkah-langkah agar pelayanan kesehatan di RSUD M Yunus tetap maksimal, dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

Seperti disampaikan oeh Zulki Maulub, Direktur RSUD M Yunus Bengkulu, bahwa mereka sudah memberlakukan sistem roling atau piket kepada seluruh petugas. Bahkan beberapa Dokter rela untuk tidak mudik selama libur lebaran ini. Tak hanya itu, petugas keamanan pun akan selalu stand by, jika sewaktu-waktu terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

BACA JUGA : 

Demi Keamanan, Supir Bus Dilarang Konsumsi Miras

BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Siap Layani Pemudik

Pemprov Bengkulu Raih Predikat Opini WTP TA 2017

“Selama Libur Lebaran, pelayanan yang tutup hanya pelayanan poli, selain itu tetap buka. Dokter bedah pun kami siapkan ada 3 orang, kalau ada kasus pasti kami layani termasuk operasi. Khusus untuk IGD, tetap kami buka 24 jam” kata Zulki Maulub saat Konferensi Pers bersama BPJS Kesehatan Bengkulu.

Antisipasi KLB Pemprov Siagakan Puskesmas

Sementara itu, Edriwan Mansyur, Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengakui bahwa pihaknya sudah mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kejadian KLB seperti yang baru-baru ini terjadi di Bengkulu.

Pihaknyapun sudah menyiagakan puskesmas di masing-masing wilayah untuk bersiaga dan cepat tanggap.

“Puskesmas sudah kita instruksikan untuk berjaga-jaga dan melayani di wilayah kerjanya. Termasuk penanganan pertama pada kecelakaan” jelas Edriwan.

BPJS Kesehatan Permudah Layanan

Untuk memastikan kelancaran peserta saat Mudik Lebaran 2018, BPJS Kesehatan telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Selama libur lebaran tahun ini, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur. Selain itu, Kantor Cabang BPJS Kesehatan tertentu juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 – 12.00.

Sementara itu, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 9 – 14 Juni 2018 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *