Senator Riri: Gotong Royong Kendalikan Harga Sembako

JAKARTA – Konsekuensi penyerahan harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) pada mekanisme pasar selalu mengakibatkan fluktuasi harga.

Misalnya jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H atau hari lebaran, beberapa harga komoditi mulai merangkak naik dan membebani warga masyarakat, khususnya mereka yang berpenghasilan rendah.

BACA JUGA : 

Zakat Saham, Zakat Produktif Jangka Panjang

BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Siap Layani Pemudik

Hari Lahir Pancasila, Momentum Perkuat Keutuhan Bangsa

Senator termuda Indonesia, Riri Damayanti John K. Latief, menilai, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengontrol agar harga sembako stabil. Misalnya dengan operasi-operasi pasar yang menjual sembako dengan harga di bawah pasar.

“Pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah-daerah telah berupaya untuk mengendalikan harga. Tapi laporan dari Senator di provinsi lain, harga kebutuhan pokok sangat tinggi hingga meresahkan masyarakat. Semoga ini ini tidak terjadi di Bengkulu,” kata Riri kepada jurnalis, Jumat (8/6/2018).

Menurut Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini, warga masyarakat sendiri perlu berperan aktif dalam upaya pengendalian harga ini. Misalnya dengan tidak panik membeli kebutuhan secara berlebihan.

“Belilah sewajarnya saja dan tidak terlalu banyak menimbun agar tidak terjadi kelangkaan. Jangan sampai boros. Sebab, momen 1 Syawal sejatinya adalah ungkapan rasa syukur kita atas hari kemenangan setelah 1 bulan berpuasa, bukan untuk foya-foya,” jelas Riri.

Disamping itu, Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini berharap agar Pemerintah tetap memperketat pengawasan terhadap perkembangan harga-harga kebutuhan pokok yang ada.

“Sehingga harga-harga kebutuhan untuk warga tetap dalam kondisi yang wajar. Apalagi di Bengkulu sudah terbentuk Satgas Pangan yang diketuai oleh Kapolda Bengkulu. Kapolda tidak bisa bekerja sendiri. Harus gotong royong,” demikian Riri.

Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu Plt Gubernur bersama Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung telah melakukan kunjungan ke Pasar Panorama untuk meninjau harga-harga.

Dalam pantauannya, saat ini harga semua komoditas bahan pokok dan kita temukan dalam kondisi sekarang sudah stabil. Bahkan ada komoditas yang turun dibandingkan awal Ramadan.

1 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *