Pertengahan 2018 ini, Bank Indonesia Longgarkan Aturan KPR

JAKARTA — Bank Indonesia (BI) menempuh kebijakan makroprudensial yang akomodatif melalui relaksasi Loan to Value Ratio (LTV) kredit properti. Tujuannya menjaga momentum pemulihan ekonomi dan stabilitas sistem keuangan dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian serta perlindungan konsumen.

BACA JUGA : 

Berikut Tips Menghindari Investasi Bodong

Plt Gubernur Bengkulu, Resmikan Pondok Pesantren Roudlotur Rosmani

NET1 Indonesia Siap Dukung Penyelenggaraan Internet di Pedesaan

Kebijakan yang diterapkan pada sektor properti itu akan berlaku 1 Agustus 2018. Ada tiga aspek dari kebijakan tersebut, pertama pelonggaran rasio LTV dilakukan untuk kredit properti dan rasio Financing to Value (FTV) untuk pembiayaan properti.

Kedua, pelonggaran jumlah fasilitas kredit atau pembiayaan melalui mekanisme inden. Lalu ketiga, penyesuaian pengaturan tahapan dan besaran pencairan kredit atau pembiayaan.

“Kebijakan diharapkan dapat mendukung kinerja sektor properti. Kinerja sektor properti saat ini masih memiliki potensi akselerasi dan dampak pengganda cukup besar terhadap perekonomian nasional,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, Jumat (29/6).

Ia menambahkan, kebijakan makroprudensial itu, memperkuat kebijakan makroprudensial sebelumnya terkait Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM) dan Penyangga Likuiditas Makroprudensial (PLM). Tujuannya untuk mendorong fungsi intermediasi perbankan sekaligus memperkuat manajemen likuiditas perbankan.

Kebijakan makroprudensial juga bersinergi dengan kebijakan Giro Wajib Minimum (GWM) rata-rata rupiah sebagai bagian dari reformulasi kerangka operasional kebijakan moneter. Bertujuan pula untuk meningkatkan fleksibilitas pengelolaan likuiditas perbankan dan mendorong fungsi intermediasi perbankan, serta umendukung upaya pendalaman pasar keuangan.

Kebijakan tersebut akan berlaku mulai 16 Juli 2018 untuk perbankan konvensional. Lalu untuo perbankan syariah mulai 1 Oktober 2018.

Sumber: Republika.co.id

24 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *