Event Daerah Tani dan Nelayan, Akan Berlangsung di Bengkulu Selatan. Catat Waktunya

BENGKULU – Event Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Ke XVI 2018 Tingkat Provinsi Bengkulu, dipusatkan di Kabupaten Bengkulu Selatan dan akan dilaksanakan pada 18 s/d 24 Juli ini, menurut panitia pelaksana kesiapannya telah rampung 90 persen. Mulai dari kesiapan landscape lokasi display pameran produk andalan pertanian dan perikanan hingga kesiapan penyambutan tamu kehomatan.

Dikatakan Ketua KTNA Bengkulu Selatan Ruslan Mujoarjo, secara teknis kesiapan dilapangan hingga saat ini tidak ditemui kendala yang berarti. Selain itu, PEDA KTNA Bengkulu Selatan 2018 akan dihadiri Ketua Umum KTNA Nasional Winarno Tohir didampingi Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluhtan) Kementerian Pertanian RI (Kementan) Siti Munifah.

BACA JUGA : 

Hanya di Bulan Juli, Santika Hotel Bengkulu Sediakan Sate Pelalah Bumbu Kacang

Inovasi Pengendalian Inflasi TPID Bengkulu Raih Apresiasi Tinggi PPIP, Kenapa?

BKIPM Bengkulu, Buka Posko Penyerahan Ikan Invasif

Lanjut Ruslan, pada PEDA KTNA XVI ini, selain menampilkan produk unggulan Bengkulu Selatan dan dari kabupaten-kota lainnya, Pemkab Bengkulu Selatan melalui dinas teknis juga akan menampilkan beberapa jamuan khusus sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang promosi wisata dan kuliner.

“Kita juga siapkan acara khusus untuk penjamuan tamu dari pusat, Dinas Pariwisata menyiapkan Pesta Lemang Tapai. Kemudian ada juga disiapkan Dinas Kelautan dan Perikanan berupa kuliner hasil olahan perikanan dan kelalutan serta di display juga disiapkan makanan olahan lokal. Ini semua untuk menyambut teman-teman kabupaten-kota dan tamu VIP kita nantinya,” terang Ruslan Mujoarjo usai menyampaikan laporan pelaksanaan pada Rapat Pemantapan Kegiatan PEDA KTNA ke XVI Tahun 2018, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (09/07).

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan, PEDA KTNA XVI yang melibatkan dinas teknis di seluruh Kabupaten-Kota Se-Provinsi Bengkulu, melalui pihaknya akan mensuport penuh keseluruhan event, sehingga pelaksanaan KTNA Tingkat Provinsi Bengkulu ini berjalan sukses.

“Kita dari Pemprov Bengkulu bersama OPD teknis lainnya siap mendukung dan memeriahkan PEDA KTNA ini. Intinya sukses event ini berperan penting bagi citra positif pertanian dan perikanan Bengkulu,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Bengkulu Taufik Adun. Menurutnya, pelaksanaan PEDA KTNA tingkat Provinsi Bengkulu dalam sepekan terakhir siap difinalisasi.

“Yang penting kita seperti yang diarahkan Gubernur, semua kesiapan pembukaan harus dimatangkan dan diharapkan tidak ada kendala berarti pada PEDA KTNA yang pada 16 Juli nanti,” terang Taufik Adun usai memimpin Rapat Pemantapan Kegiatan PEDA KTNA ke XVI Tahun 2018.

Direncanakan pada PEDA KTNA kali ini, DTPHP Bengkulu Selatan akan melaunching visi dibidang pertanian juga peternakan, yaitu inovasi pemanfaatan pertanian dan peternakan terpadu yang selama ini justru menjadi permasalahan di masyarakat.

Sementara itu, pelaksanaan PEDA KTNA XVI 2018 Provinsi Bengkulu akan dipusatkan di GOR Manna dan kegiatan lainnya akan dipusatkan di Lapangan Terbuka Bengkulu Selatan dengan berbagai acara inovasi Pertanian dan Kemaritiman.

Sumber: Mc Pemprov Bengkulu

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *