Berikut Hasil Lengkap RUPS – LB Bank Bengkulu 2018

BENGKULU – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu (bank Bengkulu) Tahun 2018 digelar. Rapat tersebut membahas beberapa agenda, termasuk upaya peningkatan layanan dan kapasitas Bank Bengkulu mencapai BUKU 2 (Bank Umum Kelompok Usaha).

Diterangkan Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, RUPS-LB saat itu menghasilkan beberapa butir kesepakatan antara lain perubahan anggaran dasar, dan usulan pengisian jabatan direksi.

“Membahas ada beberapa pasal dari anggaran dasar terkait upaya peningkatan kapasaitas dari BUKU 1 ke BUKU 2. Kita sepakati untuk melepas saham seri B yang diutamakan untuk masyarakat Provinsi Bengkulu,” jelas Rohidin usai rapat bersama kepala daerah se Provinsi Bengkulu dan direksi Bank Bengkulu.

BACA JUGA : 

Ke Eropa, HIPMI Bengkulu Promosikan Visit 2020 Wonderful Bengkulu

IKAPTK Komitmen Dukung Pembangunan Daerah

Berikut Pesan Plt Gubernur Saat Diklatpim Angkatan ke 50

Saham seri B, lanjut Rohidin, ditawarkan kepada masyarakat Provinsi Bengkulu dengan keuntungan yang menjanjikan.

Soal pelapasan saham seri B akan dilakukan Bank Bengkulu sebesar 25 persen dari modal dasar. Dengan perubahan modal dasar menjadi 1 triliun, artinya saham seri B akan dilepaskan senilai 250 miliar. Saham seri B diprioritaskan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu, baik perusahaan, koperasi maupun perorangan.

“Untuk investasi modal di atas 10 miliar akan dicatat sebagai pemegang saham langsung. Kita melepas saham seri B, Insya Alloh Bank Bengkulu akan segera mencapai BUKU dua,” papar Agusalim.

Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/26/PBI/2012 tanggal 27 Desember 2012 tentang Kegiatan Usaha dan Jaringan Kantor Berdasarkan Modal Inti Bank, kelompok BUKU 1 adalah Bank dengan modal inti kurang dari Rp1 Triliun.

Cakupan produk dan aktivitas yang dapat dilakukan BUKU 1, hanya dapat melakukan kegiatan penghimpunan dan penyaluran dana yang merupakan produk atau aktivitas dasar dalam Rupiah, kegiatan pembiayaan perdagangan, kegiatan dengan cakupan terbatas untuk keagenan dan kerjasama, kegiatan sistem pembayaran dan electronic banking dengan cakupan terbatas, kegiatan penyertaan modal sementara dalam rangka penyelamatan kredit, dan jasa lainnya, dalam Rupiah. BUKU 1 hanya dapat melakukan kegiatan valuta asing terbatas sebagai pedagang valuta asing.

Sedangkan BUKU 2 Bank dengan modal inti Rp1 Triliun sampai dengan kurang dari Rp5 Triliun, dapat melakukan kegiatan produk atau aktivitas dalam rupiah dan valuta asing dengan cakupan yang lebih luas dari BUKU 1. BUKU 2 dapat melakukan kegiatan treasury terbatas mencakup spot dan derivatif plain vanilla serta melakukan penyertaan sebesar 15% pada lembaga keuangan di dalam negeri.

Ganti Kepengurusan Bank Bengkulu

Kemudian rapat juga menyepakati usulan nama untuk pengisian komisaris dan direktur kepatuhan Bank Bengkulu, untuk selanjutnya mengikuti fit proper test oleh Otoritas Jasa Keuangan.

“Pergantian pengurus adalah hal yang biasa dalam sebuah organisasi, tidak mungkin akan selama-lamanya. Yang terpenting itu adalah mencapai tujuan kita bersama menjadikan Bank Bengkulu terus tangguh dan tumbuh,” ucap Agusalim Direktur Utama Bank Bengkulu.

Adapun nama-nama yang diusulkan mengikuti fit proper test untuk mengisi jabatan di Bank Bengkulu adalah;

Usulan Nama Calon Komisaris Independen

  • Dr.Ridwan Nurazi, dan Suhaidin Jaiz

Usulan Nama Calon Komisaris Perwakilan Pemegang Saham

  • Diana Komena, dan H. Mulyadi Ismail.

Usulan Nama Calon Direktur Kepatuhan Bank Bengkulu

  • Heryanto,SE dan Yanti Kurniati, SE

Sumber: Mc Pemprov Bengkulu

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *