Alasan Bank Mandiri MoU dengan Perusahaan Fintech

JAKARTA –  Guna memperluas jangkauan nasabah, khususnya untuk Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menandatangani perjanjian kerja sama dengan dua perusahaan penyalur pinjaman berbasis teknologi atau financial technology ( fintech), PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) dan PT Lunaria Annua Teknologi atau KoinWork.

Dengan kerja sama itu, Bank Mandiri ingin memperluas jangkauan nasabah, khususnya untuk Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM). Seperti dijelaskan Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang, mereka ingin memperkuat modal kerja dan ekspansi pasar.

“Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Amartha dan KoinWorks untuk memperkuat penetrasi pembiayaan hingga ke kelompok-kelompok usaha yang masih belum bisa dijangkau atau unbanked karena struktur usaha dan arus kas yang masih belum memenuhi syarat bank konvensional,” ujar Donsuwan di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Ia menilai, sinergi perbankan konvensional dan perusahaan fintech sangat strategis untuk memberikan akses pembiayaan ke pelaku UMKM agar mereka mampu berkembang. Amartha dan KoinWorks akan mereferensikan mitra UMKM yang sesuai dengan kriteria kepada Bank Mandiri.

Selanjutnya, Bank Mandiri akan menentukan mitra UMKM mana yang dapat memperoleh fasilitas kredit. Hasil seleksi Amartha dan KoinWorks akan membantu Bank Mandiri meminimalisir peluang terjadinya non-performing loan di kemudian hari.

“Ini baru bagi kita. Semoga bisa dipakai untuk pengembangan portfolio Bank Mandiri supaya sehat, tumbuh, dan menguntungkan,” kata Donsuwan.

Kerja sama ini sekaligus mematahkan anggapan bahwa industri fintech merupakan pesaing utama perbankan. Alih-alih bersaing, keduanya justru bisa berkolaborasi. Direktur Amartha Aria Widyanto menyambut baik kerjasama dengan Bank Mandiri.

Dengan adanya perjanjian kerja sama itu, maka ibu rumah tangga pengusaha mikro yang merupakan segmentasi Amartha mendapat tambahan modal lebih besar. Ario juga menyebut, kerja sama dengan Bank Mandiri dapat menggenjot inklusi keuangan.

“Bank belum bisa jangkau seluruh rakyat Indonesia. Dengan kerja sama dengan fintech bisa melayani segmenn mikro tersebur yang belym punya akses ke perbankan,” sebut Aria.

Sementara itu, Direktur KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan, kolaborasi dengan Bank Mandiri akan memberikan perusahaan fintech kapasitas pembiayaan yang lebih besar. Dengan demikian, pemberian modal kerja bagi UMKM, khususnya yang berjualan secara online bisa lebih luas. Selama ini, Benedicto mengakui KoinWorks sedikit menemui kendala dalam pendanaan karena bergantung pada pendanaan ritel.

“Denfan kerja sama ini bisa lebih banyak menjangkau segmen UMKM,” ucap Benedicto.

Sumber: Kompas.com

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *