Ditengah Tahun, BI Optimis Perekonomian 2018 Tumbuh Membaik dibanding Tahun 2017

BENGKULU – Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu memperkirakan Perekonomian Bengkulu pada triwulan IV 2018, akan tumbuh pada kisaran 5,1 – 5,3% dengan tren stabil dibandingkan triwulan sebelumnya. Dijelaskan Endang Kurnia, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, pertumbuhan ekonomi Bengkulu pada triwulan IV 2018 ini didukung oleh kenaikan permintaan konsumsi rumah tangga, membaiknya kegiatan investasi serta peningkatan kinerja ekspor.

Konsumsi rumah tangga diperkirakan masih tumbuh yang didukung potensi kenaikan permintaan sawit domestik sehingga pendapatan petani diperkirakan membaik. Hal ini dikarenakan pemerintah telah mewajibkan penggunaan solar untuk dicampur dengan minyak kelapa sawit sebesar 20% (B20) yang berlaku efektif per 1 September 2018 mendatang.

Sementara kegiatan investasi diperkirakan melanjutkan tren peningkatan seiring masih berlanjut nya realisasi beberapa kegiatan investasi, seperti pembangunan hotel bintang 4 di Bengkulu dan pembangunan terminal curah cair di Pulau Baai.

BI pun memperkirakan kinerja ekspor yang meningkat didukung oleh peningkatan permintaan domestik khususnya pemenuhan produksi biodiesel B20. Disisi sektoral pertumbuhan diperkirakan bersumber dari sektor pertanian sektor pertambangan dan penggalian dan sektor penyediaan akomodasi makan minum. Pertumbuhan sektor pertanian didukung oleh perkiraan panen gabah padi yang terjadi pada bulan Agustus dan September, sementara pertumbuhan sektor pertambangan dan penggalian salah satunya didukung oleh potensi kenaikan harga batubara setelah pemerintah mencabut ketentuan harga DMO batubara untuk PLN.

Selanjutnya sektor penyediaan akomodasi makan minum tumbuh seiring perkiraan kenaikan permintaan pada periode akhir tahun.

“Perekonomian Bengkulu secara keseluruhan tahun 2018 lebih baik dibandingkan tahun 2017. Perekonomian tumbuh pada kisaran 5,2 – 5,4% lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang hanya sebesar 4,9%. Mudah-mudahan seperti itu” ungkap Endang.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *