Pemkot Bengkulu Tindak Lanjut Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2018, Tentang SPBE

Bengkulu – Kepala Dinas Kominfosan Kota Bengkulu Medy Pebriansyah, melakukan rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membentuk Tim Evaluasi SPBE pada tahun anggaran 2018 ini. Sebagai leading sektor, Dinas Kominfosan perlu melakukan koordinasi antar OPD yang juga sebagai tindak lanjut dan pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Sistem elektronik menjadi titik tekan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan sistem E- Government terintegrasi,” kata Medy Pebriansyah.

Pembentukan tim evaluasi merujuk dengan Keputusan Walikota Nomor 104 Tahun 2018.

“Kota Bengkulu saat ini dalam tahapan rintisan pengaturan konsep dan tata kelola,” tambah Medy.

Kabid Penyelenggaraan E-Government Erika Arisanti mengungkapkan, SPBE adalah istilah baru dari E-Government, tujuannya agar penyelengaraan pemerintahan memanfaatkan teknologi informasi guna mewujudkan kualitas pelayanan publik yang optimal.

“Dalam hal ini Kominfo bertindak sebagai supervisor yang mengawasi perkembangan SPBE di masing-masing OPD,” kata Erika.

Ia menambahkan, struktur tim evaluasi internal SPBE telah ditunjuk penjabat/pegawai yang menguasai seluruh indikator evaluasi SPBE sesuai dengan tupoksi masing-masing OPD.

Seperti aplikasi Elektronik Standar Satuan Harga (E-SSH), merupakan bahan dasar aplikasi E- Budgeting dan E-Planning yang saat ini masih dalam tahap persiapan dan penyusunan di Bapelitbang dan BPKAD Kota Bengkulu.

Sumber: Mc Pemkot Bengkulu

71 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *