Sesuaikan Rujukan Online, Pergub Akan Direvisi

Bengkulu – Terhitung 1 September kemarin, BPJS Kesehatan secara resmi telah menggunaan sistem rujukan online yang juga serentak seluruh Indonesia. Yang artinya, seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu lagi menggunakan mekanisme surat menyurat yang selama ini dijalankan.

Untuk menyesuaikan sistem rujukan “lama” dengan digitalisasi atau rujukan online ini, maka BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu tengah merancang revisi Peraturan Gubernur Nomor 30 Tahun 2015, Tentang Pedoman Pelaksanaan SIstem Rujukan Pelayanan Kesehatan di Provinsi Bengkulu.

“Untuk menyesuaikan dengan kondisi kekinian, dalam waktu dekat kita bersama dengan pihak eksekutif akan melakukan revisi Pergub (No 30 tahun 2015), tentang mekanisme rujukan. Agar tidak terjadi kekeliruan atau permasalahan dikemudian hari” kata Herly D Putra, Plh Kabid PMR BPJS Kesehatan Cab Bengkulu.

Faskes Primer Terkendala Jaringan Internet

Awalnya Sistem rujukan online ini telah diuji coba dari 15 Agustus 2018 lalu, namun resmi diterapkan per 1 September diseluruh Indonesia. Khusus untuk Bengkulu, 22 Rumah Sakit dan 1 Klinik Utama sudah ikut serta dalam Rujukan Online ini. Dengan Rincian 6 Rumah sakit di Cabang Curup, 16 Rumah sakit dan 1 Klinik Utama di Cabang Bengkulu.

Sementara itu di Bengkulu terdapat 198 Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) atau setara Puskesmas di Provinsi Bengkulu. Dari 198 FKTP itu, 39 diantaranya masih terkendala jaringan internet. BPJS Kesehatan Bengkulu pun memberikan toleransi 39 FKTP tersebut untuk tetap menggunakan rujukan manual.

“Dari 198 FKTP Se Bengkulu, 39 diantaranya terkendala jaringan. 26 diataranya sinyal internet lemah dan lemot, sedangkan 13 diantaranya tidak memiliki sinyal. Kita mengambil kebijakan untuk memberikan toleransi kepada FKTP tersebut” jelas Rizki Lestari, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bengkulu.

31 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *