Bengkulu Akan Terima Ribuan Bibit Kopi Berkualitas dari Balitbangtan

Bengkulu – Provinsi Bengkulu yang dalam hal ini akan diwakilkan oleh PD Bimex, akan mendapatkan bantuan bibit kopi dari Balai Penelitian Tanaman Industri. Dimana penyerahan bibit kopi ini akan dilaksanakan saat acara Launching dan Distribusi 10 Juta Benih Perkebunan untuk Petani Indonesia, pada Senin (24/9), mendatang di Sukabumi.

“Kita belum tahu jumlah pasti akan menerima berapa bibit kopi dari Balitbangtan ini, namun yang jelas Bengkulu termasuk salah satu daerah yang akan menerima karena Potensi lahan dan petani kopi yang sangat banyak” kata Budi Darmawansyah, Direktur PD Bimex.

Bibit yang nantinya akan diterima adalah bibit unggul yang sudah diuji oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian. Hal ini juga sejalan untuk mendukung kebangkitan rempah Indonesia.

Selain pemberian benih perkebunan, akan dilaksanakan pula bimbingan teknis mengenai stek berakar kopi robusta, sambung pucuk kopi robusta, pengolahan kopi dan kakao, hingga tanaman lada, cengkeh, pala, kelapa dan tebu.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi petani-petani di Bengkulu guna meningkatkan jumlah (kuantitas) dan kualitas produksi perkebunan di Bengkulu” tutup Budi.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *