Mahalnya Angkutan Udara, Penyebab Inflasi Bengkulu No 1 di Indonesia

Bengkulu – Dalam rilis yang dikeluarkan per 1 oktober 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu mencatat, inflasi selama September 2018 sebesar 0,59 persen. Angka ini merupakan angka tertinggi di Indonesia. Sementara itu, inflasi tahun kalender Januari-September 2018 tercatat sebesar 2,11 persen, dan inflasi tahun ke tahun sebesar 2,87 persen.

Laju inflasi tersebut merangkak naik, jika dibandingkan inflasi selama Agustus, yang tercatat mengalami deflasi sebesar -1,80 persen. Sementara itu, angka 0,59 persen ini sangat tinggi dibandingkan inflasi September 2017, yang tercatat mengalami deflasi sebesar -0,04 persen.

Budi Hardiyono, S.Si, ME, Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Bengkulu mengatakan, penyumbang inflasi tertinggi ada di komoditas angkutan udara. Tingginya harga tiket pesawat yang terjadi sepanjang bulan september, membuat inflasi Bengkulu menjadi nomor 1 di Indonesia.

“Ada 2 peristiwa besar yang terjadi pada bulan September, yaitu Pestival Tabot diawal bulan, serta Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional pada akhir bulan September. Banyaknya kunjungan ke Bengkulu inilah menjadi catatan tingginya harga tiket pesawat” kata Budi.

Kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi tertinggi sebesar 5,60 persen dan kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi berikutnya adalah kelompok pengeluaran kesehatan, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga, serta kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan Badan Pusat Statistik di 82 kota di Indonesia, 16 kota mengalami inflasi dan 66 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Bengkulu sebesar 0,59 persen dan inflasi terendah di Bungo sebesar 0,01 persen. Deflasi tertinggi terjadi di Pare-pare sebesar -1,59 persen dan deflasi terendah terjadi di Tegal, Singkawang, Samarinda dan Ternate sebesar -0,01 persen.

75 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *