Sekda Bengkulu Yakin Angka Kemiskinan Bengkulu Dibawah Rata-rata Nasional

Bengkulu – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti, mengatakan bahwa Pemerintah saat ini tengah menyiapkan program-program dan kebijakan untuk segera mengentaskan kemiskinan di Provinsi Bengkulu. Saat ini, angka kemiskinan Bengkulu masih berada di atas rata-rata nasional yaitu sebesar 15,43 persen.

Bahkan dalam 2 sampai 3 tahun kedepan, Sekda menargetkan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu berada di bawah angka 10 persen.

“Dalam 5 tahun terakhir, Angka kemiskinan di Bengkulu selalu berada dikisaran 17 persen, dan sekarang sudah berada di kisaran 15,43 persen. Target kita dalam 2 sampai 3 tahun kedepan angka kemiskinan akan berada dibawah rata-rata nasional” ujar Sekda.

Hal itu sendiri disampaikan Sekda saat seminar dan sosialisasi hasil yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Politeknik Statistika STIS. Bahkan Sekda pun berharap Pemda Kabupaten/Kota untuk dapat mempedomani hasil PKL ini serta memperhatikan data-data yang telah dikeluarkan oleh BPS Provinsi Bengkulu.

“Mudah–mudahan data yang dihasilkan terkait dengan penelitan mereka dapat kita manfaatkan, sebagai bahan sumber informasi untuk pengambil kebijakan program penanggulangan kemiskinan khususnya di Provinsi Bengkulu, jelas Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Selasa (2/10) di GSG Pemprov Bengkulu.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani pun berharap konsistensi penurunan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu dapat selaras pula dengan konsistensi peningkatan kesejahteraan, penurunan angka pengangguran dan kesejahteraan para petani.

“90 persen rumah tangga miskin di Provinsi Bengkulu adalah petani yang sebagian besar tidak memiliki lahan sendiri. Jika pemerintah bisa menyelesaikan permasalahan ini, mudah-mudahan angka kemiskinan di Bengkulu bisa diselesaikan,” tutup Dyah.

47 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *