Plt Gubernur Ingin Batik Besurek Segera Dipatenkan

Bengkulu – Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, betul-betul ingin menjadikan Batik Besurek menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Rafflesia. Seperti yang dilaksanakan pada Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober di Jakarta, yang mengusung tema utama “Eksotika Kain Besurek Bengkulu”.

Acara yang dipamerkan di Kokas Jakarta inipun menarik minat ratusan pengunjung yang mengaku terkagum atas keindahan dan kekhasan batik Bengkulu.

Selain itu, upaya juga dilakukan Rohidin Mersyah untuk menyelamatkan Kain Besurek supaya tidak diklaim daerah bahkan negara lain. Seperti di rilis Media Center Pemprov Bengkulu, Regulasi tersebut juga telah disiapkan Pemprov Bengkulu dengan mengusulkan ke Kemenhumkan RI agar Kain Besurek ditetapkan (dipatenkan) sebagai kekayaan Tak Benda Bengkulu.

“Ini kita lakukan agar tidak bisa daerah manapun mengklaim. Karena hati-hati kekayaan seperti ini bisa jadi dengan mudah dicaplok oleh negara lain dan diakui milik mereka. Sekarang proses sedang berjalan, mudah-mudahan sekitar satu dua bulan kedepan akan keluar penetapan dari Kemenkumham”, terang Rohidin Mersyah.

Melalui SK Gubernur Bengkulu seluruh jajaran ASN dan pegawai lingkungan Pemprov dan Kabupaten-Kota juga telah dihimbau mengenakan Kain Besurek pada 1 hari dalam sepekan sebagai seragam bekerja, mengenakan pada event-event baik tingkat lokal maupun nasional serta saat memberikan cinderamata berupa Kain Besurek kepada tamu pemerintah.

“Kita masih dalam bentuk himbauan dan tata tertib, bahwa dikalangan ASN pada harus tertentu, satu kali dalam seminggu, harus menggunakan Kain Besurek menjadi seragam bekerja di kantor serta pada saat pelaksanaan event-event,” imbuhnya.

Selain dari sisi pemerintah daerah, dirinya juga mengharapkan kepada masyarakat, mulai mengenakan Kain Besurek pada acara-acara formal maupun non formal, seperti pada saat upacara adat, resepsi pernikahan dan lain sebagainya.

71 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *