Pemprov Segera Tetapkan Zonasi Pemanfaatan Pantai Panjang

Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu akan segera menengeluarkan peraturan penggunaan Hak Guna Usaha (HGU) dan pengaturan zonasi pemanfaatan lahan di kawasan objek wisata Pantai Panjang Bengkulu. Seperti dijelaskan oleh Sri Hartika, Kabag Humas dan Protokol Setda Provinsi Bengkulu dalam siaran pers Media Center, dalam waktu dekat pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Pemerintah Kota, agar tidak ada kesalahpahaman dalam pengelolaan ini.

Karena nantinya setelah ditetapkan zonasi wilayah, pengelolaan teknis seperti pemungutan biaya sewa hingga prospek Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan tetap dikelola oleh Pemerintah Kota Bengkulu.

“Yang dikelola Pemda Provinsi Bengkulu bukan terkait retribusi parkir, hotel, restoran dan lain sebagainya, termasuk pengaturan pengelolaan pendapatan seperti dari Bencolen Mall/ BIM. Akan tetapi pengelolaan Kawasan Pantai Panjang oleh Pemprov Bengkulu dari aspek Pengaturan Hak Guna Usaha (HGU) dan pengaturan zonasi pemanfaatan lahan objek wisata,” sebut Sri.

Dengan adanya Zonasi Pemanfaatan tata ruang di kawasan Pantai Panjang ini, nantinya diharapkan dapat membuat kawasan Pantai menjadi tertib dan rapi. Karena saat ini kawasan pantai seperti amburadul, dimana banyak pondok-pondok pedagang yang terbengkalai dan tidak menutup kemungkinan menjadi tempat maksiat.

“Jika malam hari, kawasan pantai panjang ini sangat “senyap” dengan lampu penerangan yang minim. Saya khawatir banyak terjadi maksiat dikawasan pantai panjang ini. Mudah-mudahan dengan kolaborasi antara Pemprov dan Pemkot, kawasan Pantai Panjang betul-betul menjadi ikon Provinsi Bengkulu” kata Sanusi salah satu pengunjung Pantai Panjang Bengkulu.

83 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *