Lomba Masak Ikan, Upaya Penumbuhan Minat Terhadap Hasil Laut

Bengkulu – Sebagai Provinsi yang memiliki laut yang sangat luas, tentunya Bengkulu memiliki potensi sebagai daerah penghasil ikan. Selain meningkatkan hasil laut, pemerintah juga tengah mempopulerkan ikan, agar masyarakat Bengkulu dapat mencintai dan rajin mengkonsumsi ikan.

Untuk itulah Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar lomba masak serba ikan, sebagai upaya mendorong masyarakat gemar makan ikan. Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Bengkulu ke – 11 yang berlangsung di Bengkulu Indah Mall ini, dibuka langsung olehSekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Rabu (24/10).

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti menjelaskan, dengan diadakannya kegiatan ini, harapannya dapat meningkatkan konsumsi Ikan Bengkulu di atas rata-rata nasional. Menurut Sekda Nopian, Gemar makan ikan sendiri sangat baik khsususnya untuk pertumbuhan otak serta kecerdasan kepada anak.

Kembali ditegaskan Sekda, tingkat konsumsi perkapita makan ikan Provinsi Bengkulu berada dibawah standar nasional. Menurutnya, rata–rata nasional konsumsi ikan mencapai 45 Kg per Kapita/Tahun sedangkan untuk Bengkulu masih berada pada kisaran 39.50 Kg per Kapita/Tahun.

“Dengan gemar makan ikan, anak – anak kita diharapkan menjadi anak yang berkualitas,” jelas Nopian Andusti, seperti dikutip dari rilis Media Center Provinsi Bengkulu.

Nopian juga menambahkan, sumber daya laut yang dimiliki Provinsi Bengkulu sangat besar seperti sektor perikanan.

“Jangan sampai ikan yang banyak ini dimanfaatkan oleh orang luar, tetapi kita sendiri tidak memanfaatkannya,” tegas Nopian Andusti.

Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Ivan Syamsurizal mengungkapkan, pihaknya mendorong agar setiap masyarakat mengkonsumsi ikan, sebab sumber daya yang paling besar di Bengkulu adalah ikan.

“Dengan memanfaatkan ikan ini otomatis kita tidak terlalu banyak mengimpor bahan baku dari luar, ini meningkatkan kemandirian pangan kita salah satunya dengan ikan,” ungkap Ivan.

Pada kesempatan ini, Ivan juga mengungkapkan sesuai dengan dorongan Plt. Gubernur Rohidin Merysah, berkerjasama dengan Karantina Ikan dan Kementerian Perikanan, akan melaunching ekspor ikan keluar Bengkulu, yakni ke Malaysia dan Singapura.

“Insya Allah pada bulan November ini akan lunching ekspor perikanan kita ikan segar ke Malaysia sebesar 10 Ton dengan nilai kurang lebih 15 M,” tambah Ivan.

Jenis ikan yang di ekspor, lanjut Ivan, adalah jenis Kerapu, Jenihin dan Tuna, sedangkan untuk ekspor ke Singapura adalah produk – produk olahan ikan seperti nugget dan produk olahan lainnya.

61 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *