Hingga Oktober 2018, Bengkulu Tiga Kali Mengalami Deflasi

Bisnisbengkulu.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu mencatat, selama bulan Oktober 2018 Bengkulu mengalami deflasi sebesar -0,74 persen. Angka ini merupakan angka terendah dari 82 kota yang diukur tingkat inflasinya di Indonesia. Sementara itu, inflasi tahun kalender Januari-Oktober 2018 tercatat sebesar 1,35 persen, dan inflasi tahun ke tahun sebesar 2,24 persen.

Laju inflasi ini menurun jika dibandingkan inflasi selama bulan September, yang tercatat mengalami inflasi sebesar 0,59 persen. Angka deflasi pada bulan Oktober sebesar -0,74 persen ini menjadi yang ke tiga kalinya dialami Bengkulu, setelah sebelumnya terjadi deflasi pada bulan Februari (-0,30 persen) dan Agustus (-1,80 persen).

Budi Hardiyono, S.Si, ME, Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Bengkulu mengatakan, penyumbang deflasi tertinggi adalah kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar -4,87 persen. Disusul kelompok pengeluaran kesehatan sebesar -0,10 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar -0,05 persen.

“Berdasarkan perubahan harga yang terjadi pada setiap kelompok komoditi tersebut, masing-masing kelompok pengeluaran memberikan andil inflasi sebagai berikut, kelompok pengeluaran yang memberi andil deflasi tertinggi adalah kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi dan jasa keuangan yaitu sebesar -0,9892 persen, kelompok pengeluaran kesehatan memberi andil deflasi sebesar -0,0037 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar -0,0043 persen,” kata Budi.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan Badan Pusat Statistik di 82 kota di Indonesia, 66 kota mengalami inflasi
dan 16 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Palu sebesar 2,27 persen dan inflasi terendah di Cilegon sebesar 0,01 persen. Deflasi tertinggi terjadi di Bengkulu sebesar -0,74 persen dan deflasi terendah terjadi di Tangerang sebesar -0,01 persen.

56 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *