Pabrik Kopi PT Citra Kopi Bengkulu, Jadi Penggerak Ekspor Kopi Bengkulu

Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kamis, (13/12/2018) memimpin langsung peresmian pengoperasian pabrik pengolahan kopi milik PT. Citra Kopi Bengkulu. Pabrik Kopi ini beralamatkan di jalan raya Bengkulu-Curup Km 12, Desa Taba Pasmah, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Peresmian pengoperasian pabrik kopi ditandai dengan penanda tangan prasasti dan penguntingan pita. Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Ketua DPD RI Ahmad Muqowam, Anggota DPD RI dari Dapil Bengkulu M Saleh dan Eni Khairani, Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli, Ketua BPP Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Irfan Anwar, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, pelaku dan perwakilan petani kopi se Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan, Pabrik ini merupakan pabrik pengolahan kopi pertama dengan sakal siap ekspor yang ada di Bengkulu. Geliat ekspor kopi inipun didukung dengan telah siapnya Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dengan sarana dan fasilitasnya.

Dengan munculnya pelaku usaha dieksportir kopi, diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi dan meningkatkan  kesejahteraan masyarakat Bengkulu.

“Diharapkan kepada para Bupati agar turun ke masyarakat, membina petani kopi, agar hasil produksi bisa maksimal. Pasalnya saat ini Pemprov Bengkulu juga sedang menyelesaikan status lahan petani kopi yang berada di kawasan hutan lindung melalui progran perhutanan sosial. Kemudian membranding kopi serta memproteksi mereknya melalui Kementrian Hukum dan HAM,” katanya.

Sementara itu, Bebby Hussy, selaku Ketua BPD AEKI Bengkulu, mengatakan bahwa pabrik kopi ini dapat berproduksi dengan kapasitas 10 ton perjam dengan standar kopi siap ekspor. Bebby pun mengaku siap mendukung pelaku dan petani kopi Bengkulu, agar nama Bengkulu turut meningkat di kanca nasional dan internasional.

“Dalam persiapan beberapa bulan kedepan, sistem pabrik ini akan kita sempurnakan dan dalam waktu dekat atau bulan April, kita sudah memulai ekspor perdana ke luar negeri. Harapannya, juga berimbas pada penambahan pajak untuk negara dan harga kopi di tingkat petani lebih baik.” kata Bebby.

Budi Darmawansyah (Paling Kiri) Ketua Panitia Pelaksana, saat Sarasehan dengan Seluruh Pelaku Usaha Kopi di Bengkulu

Selain peresmian Pabrik Kopi ini, turut dilakukan pula sarasehan antara Pihak Eksekutif, BPP AEKI Pusat, Pihak Pabrik PT Citra Kopi Bengkulu, dan Seluruh Pelaku Usaha Kopi se Provinsi Bengkulu. Sarasehan ini dimaksudkan agar kedepan komunikasi dapat berjalan baik, dan permasalahan serta kendala di bidang kopi, akan terurai satu-persatu.

“Kita sengaja memberikan kesempatan para petani dan pelaku usaha di bidang Kopi yang ada di Bengkulu, untuk menyuarakan unek-unek dan aspirasi mereka. Sehingga semuanya dapat kita akomodir, kita simpulkan dan akhirnya diharapkan mampu menyelaraskan dan mempercepat kemajuan Kopi Bengkulu dikanca Nasional bahkan Internasional” tutup Budi Darmawansyah, Ketua Panitia Pelaksana.

 

438 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *