Bengkulu Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Jakarta – Provinsi Bengulu berhasil meraih Penghargaan bergensi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise, Yaitu Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018. Penghargaan ini diterima Gubernur Bengkulu di Sekretariat Wakil Presiden RI, Jalan Kebon Sirih No. 14, Jakarta Pusat, (19/18).

Penghargaan ini diraih, karena Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Bengkulu (DP3APPKB), dinilai berhasil dalam mendukung pelaksanaan dan pengarusutamaan gender dalam kontek pembangunan, di daerahnya.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, dan disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

“Alhamdulilah Provinsi Bengkulu mendapat pengahargaan APE. Ini membuktikan bahwa Provinsi Bengkulu melaui Dinas P3APPKB, telah produktif melakukan pengarusutamaan gender dalam kontek pembangunan,” ujar Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, usai menerima penghargaan di Sekretariat Wakil Presiden.

Gubernur Bersama Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Bengkulu

Landasan utama pembangunan, lanjut Rohidin, disamping partisipatif, kemudian berbasis lingkungan, berbasir gender menjadi suatu keharusan.

Rohidin Mersyah berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemerintah kabupaten dan kota untuk tidak mengabaikan perencanaan arah pembangunan yang responsif gender.

Sementara itu, Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Bengkulu, Foritha Ramadhani Wati menegaskan, penghargaan ini memiliki beberapa indikator penilaian. Salah satunya komitmen kepala daerah dalam mengimplementasi kebijakannya, terkait pengarusutamaan gender dalam kontek pembangunan.

“Kita bersyukur, sudah lama penilaian ini dilakukan Kementerian Pemberdayaan. Perempuan dan Perlindungan Anak RI, dan hari ini kita berhasil menjadi salah satu provinsi yang dinilai resposif gender,” ujar Foritha seperti disampaikan dalam Rilis Media Center Provinsi Bengkulu.

Foritha berharap, bantuan kerjasama dari semua kepala daerah dan semua intansi serta lembaga, agar berpartisipasi mendorong dan mengintegrasikan pengarusutamaan gender dalam perencanaan pembangunan daerah di masing-masing kabupaten dan kota.

Selain Gubernur Bengkulu, Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian, juga mendapatkan penghargaan yang sama kategori pratama.

Dalam Kesempatan ini, sebanyak sembilan kementerian/lembaga, 22 pemerintah provinsi dan 159 pemerintah daerah kabupaten/kota raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018.

Menurut Menteri Yohana Yembise, sejak tahun 2004 Kementerian PPPA telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi pengarusutamaan gender.

Dalam penghargaan APE ini, dibagi dalam empat kategori, yakni kategori Pratama, Madya, Utama dan Mentor. Kategori Pratama, diberikan kepada dua provinsi, dan 44 kabapaten/kota, salah satunya Kabupaten Bengkulu Utara; kategori Madya, diberikan kepada 1 Kementerian, 8 provinsi yang salah satunya Provinsi Bengkulu, dan 75 Kabupaten/Kota; kategori Utama, diberikan kepada satu kementerian, delapan provinsi, dan 36 kabupaten/kota; serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada enam kementerian/lembaga, 4 provinsi dan empat kabupaten/kota.

24 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *