Kehadiran BEI Percepat Jumlah Investor di Bengkulu

Bengkulu – Kehadiran Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Provinsi Bengkulu, terbukti efektif dalam menambah para Investor baru. Hal ini terbukti dari peningkatan Single Investor Identification (SID) di tahun 2017 sebanyak 1946 SID menjadi 3551 SID di tahun 2018.

Hal ini seperti disampaikan oleh Bayu Saputra Kepala Perwakilan BEI Bengkulu saat Silaturahmi dan Media Gathering, Jum’at (18/01) siang antara OJK yang dihadiri oleh Herwidi Purnomo Kasubag Pengawasan IKNB dan Pasar Modal, BEI dan awak Media.

Hanya saja, kendala utama yang masih dihadapi oleh BEI adalah keaktifan para investor yang masih minim. Karena dari data yang ada, dari 3.551 SID, hanya sebanyak 276 orang saja yang aktif transaksi jual beli di Bursa Saham.

“Ini yang menjadi tantangan bagi kita semua, termasuk OJK. Jangan sampai mereka membuka akun lalu ditinggal begitu saja. Mudah-mudahan dengan literasi yang semakin baik, masyarakat bisa memilih Nabung Saham dari pada terjebak dalam Investasi Bodong” Ujar Bayu.

Selain peningkatan jumlah investor, jumlah nilai yang ditabung di bursa saham juga mengalami peningkatan yang tinggi. Tahun 2017, nilai transaki yang tercatat hanya sebesar 98 miliar rupiah sedangkan di akhir tahun 2018 sudah tercatat sebesar 122 miliar rupiah.

214 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *