BI : Memborong Komoditi, Percepat Laju Inflasi

Bengkulu – Sepanjang tahun 2018, Bank Indonesia bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) telah berjuang keras menahan laju inflasi. Hasilnya, dibeberapa daerah di Indonesia laju inflasi bisa di tekan, sehingga inflasi rata-rata nasional hanya sebesar 3,13 %.

Banyak hal yang dilakukan oleh BI dan TPID seperti melakukan kontrol langsung kepada petani, agen, dan pelaku usaha sembako dan komoditas pokok. Hingga rutin menggelar pasar murah secara kontinu.

Kendati harga tiket pesawat masih menjadi momok bagi daerah karena harga tiket inilah yang mendongkrak angka infasi semakin tinggi.

Salah satu upaya untuk tetap menstabilkan harga kebutuhan pokok adalah dengan cara membeli barang sesuai dengan kebutuhan saja alias tidak memborong atau menimbun.

Dalam akun twiternya @bank_indonesia, mengajak agar masyarakat tidak memborong komoditi, dan membiasakan diri berbelanja dengan bijak.

#SobatRupiah mau borong barang?
Kata pepatah sesuatu yg berlebihan itu tdk baik, baik dlm membeli barang sampai memberi harapanšŸ¤­

Sobat, perilaku memborong dan menimbun barang dapat mendorong kenaikan harga.
So, biasakan berbelanja dengan bijak ya.

BI sendiri terus konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Tahun 2019 ini, BI memperkirakan Inflasi dalam sasaran sebesar 3,5 Ā± 1%.

535 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *