Peran Penting Jurnalis, Gerbang Suksesi Pemilu 2019

Bengkulu – Sebagai pilar keempat demokrasi, pers atau media massa memiliki fungsi kontrol sosial, menjadi mata, telinga, penyambung lidah antara rakyat dengan pemerintah. Dewasa ini, peran dan fungsi pers kian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Anggota Komite I DPD RI, Hj Riri Damayanti John Latief, mengungkapkan, jurnalis atau wartawan atau para pekerja pers merupakan pekerjaan yang mulia. Senator muda Indonesia ini yakin pers dapat memberikan sumbangan besar untuk menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang aman dan damai.

“Wartawan pasti mampu menjadi pionir dalam menciptakan situasi Pemilihan Umum 2019 yang aman dan damai. Mudah-mudahan pers terutama di Bengkulu dapat terus berkarya membawa kebaikan di tengah-tengah warga masyarakat,” kata Riri Damayanti, Senin (11/2/2019).

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu merasa beruntung bisa mengenal banyak jurnalis. Riri Damayanti mengaku banyak bertukar wawasan dengan insan pers mengingat jurnalis merupakan sosok yang tak kenal lelah dalam mencari, meliput, menginformasikan dan menganalisa berita sebelum dikonsumsi oleh masyarakat.

“Makanya saya yakin jurnalis kita mampu melahirkan karya-karya yang bersifat memberi pencerahan, kedamaian, dan kemajuan bagi masyarakat, termasuk dalam Pemilu 2019 nanti pers bisa menjadi garda depan pengawasan sehingga demokrasi kita semakin berkualitas, berintegritas dan menghasilkan para pemimpin yang benar-benar ingin mengabdi kepada rakyat,” ungkap Riri Damayanti.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini berharap pers dapat memberikan informasi yang jernih, akurat, dan menyuburkan optimisme masyarakat terhadap kepemimpinan yang baik dalam Pemilu serentak yang jatuh pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Pers bisa menjadi wasit kalau ada kecurangan atau pelanggaran dalam Pemilu 2019 ini. Selain itu juga bisa ikut serta memerangi hoaks dengan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, mencegah terjadinya money politic dengan mengungkapkan cara-cara baru penerapan politik uang serta berbagai kegiatan lain yang tentu cukup banyak kalau disebutkan semuanya,” imbuh Riri Damayanti.

Alumni SMA Negeri 6 Kota Bengkulu ini menambahkan, Pemerintah dan Bawaslu dapat mengandalkan media massa untuk melakukan pengawasan secara maksimal terhadap proses pendistribusian logistik dan kerawanan-kerawanan lainnya dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2019.

“Laporan di beberapa daerah ada potensi tertukarnya surat suara. Pers bisa ikut mengawal ini agar pendistribusian logistik ini dapat sesuai dengan prosedur tetap dan tidak menimbulkan kerawanan. Jangan ada celah yang bisa dipakai untuk menodai proses demokrasi kita yang berjalan lima tahun sekali,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, Komite I DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI. Komite I DPD RI memiliki tugas konstitusional untuk memperhatikan urusan daerah diantaranya mengenai Pemerintah Daerah; Hubungan pusat dan daerah serta antar daerah; pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, Pemukiman dan kependudukan; Pertanahan dan tata ruang; Politik, hukum, HAM dan ketertiban umum; dan Permasalahan daerah di wilayah perbatasan negara.

131 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *