Gubernur Siap Tingkatkan Produktivitas Padi di Wilayah Bengkulu

Mukomuko – Optimalisasi kawasan sumber pangan utama masyarakat Bumi Rafflesia, salah satunya di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko, ditegaskan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bahwa hal tersebut akan menjadi tanggung jawab semua pihak, terutama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten melalu Dinas Pertanian atau saat ini juga disebut Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan.

Dijelaskan Gubernur Rohidin Mersyah, optimalisasi sumber pangan ini sangat gencar dilakukan pemerintah daerah dengan melaksanakan program cetak sawah baru dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada petani. Selain itu, pendampingan juga akan terus menerus dimaksimalkan melalui tenaga penyuluh pertanian.

“Ketika potensi lahan ini betul-betul kita gali, kita gunakan secara produktif, maka yang akan maju itu ya Kabupaten Mukomuko dan Provinsi Bengkulu.” ungkap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai hadir pada Monitoring Kegiatan Cetak Sawah dan Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian di Kabupaten Mukomuko, (23/02).

Rohidin Mersyah juga memaparkan, dengan luas lahan sawah 750 hektar sawah petani di Sumber Makmur jelas juga membutuhkan investor yang mengolah hasil panen, sehingga kualitas beras yang dihasilkan semakin baik dan harganya bersaing.

“Jadi saya sepakat bagaimana mencari informasi terkait investor karena pengolahan gabah ini sangat penting. Kalau ada industri pengolahan beras, harga beras disini bisa bakal bersaing dan tidak anjlok saat musim panennya dan bisa semakin dijangkau harganya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sambutan dan apresiasi tinggi disampaikan Bupati Mukomuko Choirul Huda terkait kegiatan ini. Menurutnya, kehadiran Gubernur Bengkulu beserta rombongan menjadi pemacu semangat untuk membangkitkan kembali Kabupaten Kapuang Sakti Rantau Batuah sebagai salah satu lumbung padi Provinsi Bengkulu.

“Semoga kedatangan Pak Gubernur membangkitkan semangat kita semua untuk terus membangun Kabupaten Mukomuko yang kita cintai ini,” ujar Choirul Huda.

Sementara itu selain hadir pada Monitoring Kegiatan Cetak Sawah dan Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian, dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Mukomuko Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga hadir pada malam Kesenian Irama Minang (KIM) yang merupakan malam hiburan rakyat Mukomuko meramaikan HUT Kabupaten Mukomuko yang Ke-16.

Sumber : https://bengkuluprov.go.id/optimalisasi-sumber-pangan-kabupaten-mukomuko-gubernur-langsung-turun-lapangan/

107 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *