PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Dorong UMKM Dapatkan Hak Merk

Jakarta – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sangat mendukung penuh gerakan wirausaha masyarakat Indonesia. Selain memberikan bantuan pembiayaan serta pelatihan wirausaha, PNM juga mendukung UMKM yang sudah berkembang untuk mendapat hak merek.

Komisaris Utama PNM, Agus Muharam menyatakan, proses mendapatkan hak merek memang tidak sebentar.

UMKM perlu mengajukan merek ke Kementerian Hukum dan HAM. Prosesnya bisa panjang mencapai 11 hingga 20 bulan. Namun hal ini sangat bermanfaat bagi usaha yang telah memiliki pasar yang luas, agar tidak ada yang bisa mencontek  mereknya sembarangan.

“Hak Kekayaan Intelektual itu ada dua, Hak Cipta dan Hak Merek. Kalau hak cipta itu memang mudah dapatnya, tapi kalau bisnis sudah besar itu harus punya hak merk, supaya brand nggak diaku-aku sama pihak lain,” ujarnya di Jakarta, (26/2/2019).

Selain itu, menurut Agus, usaha yang ekspansinya sudah luas wajib memiliki hak merek tanpa terkecuali agar tidak dapat digugat jika memiliki kesamaan dengan usaha yang lain nantinya.

Untuk usaha yang masih kecil atau baru dirintis, memang tidak wajib punya hak merk. Fokus mereka adalah membangun brand itu sendiri. Agus juga berkata, penting untuk membangun brand yang eye catching dan filosofis sejak usaha masih dirintis.

“Brand yang baik itu yang bercerita mengenai produk. Oleh karenanya, sejak usaha masih dirintis, harus punya brand yang unik, filosofis dan mudah diingat,” tambah dia.

Sumber : liputan6.com

166 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *