2019, BUMN Akan Buka 11.000 Lowongan Kerja

Jakarta – Kabar gembira untuk para calon pekerja. Sebab, beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka lowongan kerja.

Tak tanggung-tanggung, total yang dibuka mencapai hingga 11.000 lowongan. Dari 11.000 tersebut, 1.000 di antaranya untuk disabilitas.

Lowongan kerja besar-besaran ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21. Rangkaian acara HUT berjalan dua bulan, Maret dan April 2019.

Ada sejumlah kegiatan dalam perayaan HUT Kementerian BUMN yang digelar pada Maret dan April 2019. Salah satunya ialah dibukanya 11.000 lowongan pekerjaan di BUMN.

Demikian disampaikan Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo dalam konferensi pers di kantornya, Senin (4/3/2019).

“Dalam Maret-April akan dilakukan rekrutmen bersama 11 ribu lowongan,” katanya.

Dia melanjutkan, dalam 11 ribu lowongan tersebut, seribu lowongan di antaranya dialokasikan untuk disabilitas.

“Ini juga bisa menyaring selain mahasiswa lulus perguruan tinggi dan mahasiswa, yang memiliki penyandang disabilitas targetnya 1.000 perguruan tinggi yang alami disabilitas,” paparnya.

Lebih lanjut, adapun rangkaian acara HUT BUMN dimulai pada tanggal 3 Maret 2019 dengan peluncuran aplikasi LinkAja.

Kemudian, pada 9-23 Maret 2019 akan dilakukan program cash for work (Padat Karya Tunai) untuk 1 juta man hours, BUMN Goes to Campus di 18-30 Maret 2019, jalan sehat di 5 kota pada tanggal 1-13 April 2019.

Rangkaian HUT juga akan diramaikan dengan ajang Islamic Nextgen di tanggal 16 Maret hingga 9 April 2019, promo retail dan online dari bulan Maret hingga 30 April 2019, 1 juta Paket Pangan Murah pada 1-13 April 2019.

Pada Maret hingga April 2019 akan ada program #senindiongkosin bagi pengguna kereta komuter dan feeder transjakarta di Bekasi dan puncak perayaan HUT akan dilakukan peresmian gedung Kementerian BUMN pada 13 April 2019.

Wahyu Wibowo tak menerangkan secara rinci jumlah BUMN yang membuka lowongan pekerjaan ini. Tapi, perusahaan BUMN yang ikut terlibat dalam perayaan ini sebanyak 143 BUMN.

“Seluruh BUMN, tapi ada beberapa BUMN yang sebagian besar punya target setahun rekrutmen dijadikan satu dalam dua bulan ini,” katanya.

“Macam-macam, perkebunan, Pertamina, Himbara, pelabuhan. Beberapa sudah mulai,” ujarnya.

Dia mengatakan, lowongan tersebut akan diumumkan di web Kementerian BUMN. Kemudian, pengumuman itu akan terhubung di masing-masing web perusahaan BUMN.

Dia melanjutkan, pelamar nantinya bisa mendaftar melalui online.

“Di halaman kementerian, nanti link web BUMN-BUMN. Online, semua online sekarang,” ujarnya.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas yang turut hadir dalam konferensi pers mengatakan, lowongan tersebut terbuka dari lulusan sekolah menengah atas (SMA). Lulusan itu, nanti akan menjalani pelatihan.

“SMA bisa terus jadi vokasi selama setahun dan nanti jadi tenaga di berbagai BUMN,” kata Rohan.

Rohan mengatakan, bahkan Bank Mandiri juga menarik pegawai dari lulusan pesantren.

“Kemudian beberapa ada dari pesantren. Lulusan pesantren itu akan vokasi lulus, nanti ada rekrut, yang kami sudah jalan sekarang sudah ada Bank Syariah Mandiri. Dari sekian aplikasi sudah ada 35 yang sudah menjadi karyawan, dan akan masuk program vokasi selama setahun,” paparnya.

Wahyu Wibowo melanjutkan, berkarir di BUMN memiliki keuntungan. Lantaran, ikut berkontribusi untuk negara. Dari sisi gaji, kebanyakan di atas upah minimum provinsi (UMP).

“Gaji bermacam-macam, BUMN kan sizenya beda-beda, tapi kan minimal UMP, tapi sebagian besar BUMN pasti di atas UMP,” terangnya.

Sumber : detik.com

300 total views, 3 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *