BPOM Sesalkan Produk Kadaluarsa Masih Dipajang di Outlet

Bengkulu – H-8 menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H pihak BPOM, Dinkes dan Disperindag Provinsi Bengkulu melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pusat perbelanjaan Hypermart di Bencoolen Mall di Jalan Pariwisata, Kota Bengkulu.

Kepala BPOM Provinsi Bengkulu, Syafrudin mengatakan pihaknya melakukan sidak untuk memastikan makanan dan minuman jelang hari raya idul fitri aman dikonsumsi oleh masyarakat.

“Dari pantauan kita disemua outlet itu tadi ditemukan 2 item yang kadaluarsa dan 2 produk itu adalah kemasan beku dan kita serahkan ke pihak hypermart untuk ditindak secara internal,” jelasnya, Selasa (28/5/2019) kepada pewarta.

Pihaknya sangat menyayangkan produk yang masih terpajang dengan masa berlakunya sudah masuk bulan Mei 2019 maka itu sudah mulai masuk masa kadaluarsa.

“Kita tegaskan untuk masa berlaku produk itu jika sudah masuk 1 Mei atau awal bulan maka produk tersebut sudah dinyatakan expired,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Lierwan mengatakan bahwa persoalan tersebut samgat merugikan masyarakat, dan pihaknya juga berharap masyarakat dapat berhati-hati saat berbelanja.

“Sidak ini dilakukan untuk melindungi konsumen dan pemerintah harus hadir dalam kondisi puasa dan lebaran. Perihal 2 item yang diamankan tadi tetap kita lakukan pendekatan-pendekatan yang persuasif,” ucapnya.

Senada juga disampaikan Kepala Bidang Pelayanan dan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur soal sidak yang dilakukan di pusat perbelanjaan hypermart seperti minuman seharusnya benar-benar diperhatikan oleh pihak hypermart.

“Kalau ada minuman kaleng yang kemasannya rusak itu sudah tidak layak untuk dikonsumsi karena kaleng yang tidak lurus atau rata itu sebagai tempat ritensi kuman-kuman berkembang dan itu seharusnya sudah langsung ditarik,” tutupnya.

Sumber: bengkulutoday.com

64 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *