SKIPM Bengkulu Adakan Sosialisasi Hama & Penyakit Ikan di Bengkulu Utara

Bengkulu – Bertempat di Aula Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Utara, kamis (4/7), Stasiun KIPM Bengkulu bersama Dinas Perikanan menggelar sosialisasi hama dan penyakit ikan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Petani pembudidaya ikan di sentra minapolitan Kabupaten Bengkulu Utara. Kegiatan ini sengaja digelar sebagai wujud dari kemitraan dan sinergitas antara Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Utara dan Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bengkulu.

Dijelaskan Ardinan Pribadi, Kepala SKIPM Bengkulu, kegiatan ini dilatar belakangi karena hama dan penyakit ikan sering dialami oleh para pembudidaya ikan di sentra minapolitan Kabupaten Bengkulu Utara. Namun banyak para pembudidaya ikan di Kabupaten Bengkulu Utara yang masih belum paham apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

“Kita harap mereka mengerti penyebab utama terjadinya kegagalan produksi budidaya ikan serta solusinya. Karena serangan hama dan penyakit ikan dapat menghambat pertumbuhan ikan serta menyebabkan kerugian ekonomis dan menjadi faktor penganggu dalam keberhasilan usaha budidaya ikan” ujar Ardinan.

Pemateri dalam Kegiatan Sosialisasi Hama dan Penyakit Ikan disampaikan oleh Ardinan Pribadi, S.St.Pi selaku Kepala Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bengkulu dan Aan Fibro Widodo, S.Si selaku Pejabat Fungsional Pengendali Hama dan Penyakit Ikan Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bengkulu.

Foto Bersama Seluruh Peserta Usai Kegiatan

Dimana penyampaian materi pada kegiatan tersebut meliputi pengenalan terhadap tugas pokok Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bengkulu, penerapan Cara Karantina Ikan Yang Baik (CKIB), faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan pada ikan jenis-jenis penyakit yang menginfeksi pada ikan serta pencegahan/pengendalian penyakit ikan

Kegiatan Sosialisasi Hama dan Penyakit Ikan di Kabupaten Bengkulu Utara mendapat respon yang positif dari para pembudidaya ikan serta Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Utara dan diharapkan kedepannya koordinasi, komunikasi dan kerja sama lebih ditingkatkan lagi dengan pihak Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bengkulu.

135 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *