Adakan Workshop Wartawan, BPS Provinsi Bengkulu Sebut Jurnalis Penting Untuk Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Bengkulu – Dalam rangkaian memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 26 September 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu menggelar Workshop Wartawan dengan tema Menuju Indonesia maju dengan SDM dan data IRIO (Internal Regional Input Output) berkualitas di Grage Hotel Bengkulu, Selasa dan Rabu, (24-25/09/19).

Workshop yang berlangsung selama 2 hari ini menghadirkan narasumber dari BPS RI yakni, Kasubit Statistik Edi Setiawan. Tampak hadir pula ketua PWI Bengkulu, Zacky Antoni.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan upaya pihaknya untuk menyampaikan penjelasan kepada media tentang penulisan data dari pihak BPS. Ia juga mengatakan workshop dilakukan dalam rangka memberikan wawasan kepada wartawan terhadap data statistik, seperti angka kemiskinan, produksi padi, neraca perdagangan, dan data-data ekonomi lainnya.

Sehingga nantiya ia berharap media dapat menyampaikan data BPS secara lebih mudah dan dapat dipahami oleh masyarakat awan.

“Saya berharap untuk masalah pelaporan dan penggunaan data dari BPS bisa lebih mantap lagi, dilaksanakan workshop ini untuk menambah pengetahuan dan memudahkan wartawan dalam cara membaca data yang benar yang diberikan oleh BPS,” ujarnya.

Sementara itu, Zacky Antoni berharap agar hubungan antara media massa dengan BPS yang selama ini sudah berjalan dengan baik, dapat terus membaik. Wartawan juga diminta untuk terus menjadikan data BPS sebagai bahan untuk menyampaikan berita. Sehingga berita yang dibuat dapat dipertanggung jawabkan data dan keakuratannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada BPS yang telah menggelar workshop wartawan. Karena ini juga membantu tugas PWI dalam meningkatkan kualitas SDM para wartawan. Harapan saya, Wartawan kedepan dapat menjadikan data BPS sebagai acuan dalam menulis berita. Jangan sampai berita yang dibuat ngawur tanpa ada data yang akurat,” pesan Zacky.

Sensus Penduduk Via Online Dimulai Februari 2020

Sementara itu, dalam kesempatan ini pula BPS meminta agar para jurnalis Bengkulu untuk dapat membantu menyukseskan kegiatan Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Kegiatan yang dilaksanakan 10 tahunan ini menjadi sangat penting, untuk mendata jumlah Penduduk Indonesia. Pengisian datapun kini menjadi lebih mudah karena telah berkolaborasi dengan teknologi. Jika dulu hanya menggunakan survei dengan kertas, maka tahun 2020 ini Sensus Penduduk sudah menggunakan 3 metode. Yaitu sistem pengisian Online lewat Internet, Pengisian data lewat aplikasi smartphone, dan pengisian lewat kertas.

“Sensus penduduk online akan digelar mulai Februari-Juni 2020 dengan cara mengisi kuisioner lewat link https://sensus.bps.go.id. Warga yang belum mengisi kuisioner secara online akan didatangi petugas secara door to door (dari rumah ke rumah) untuk melakukan pencacahan. Karena itu, jika tidak mau didatangi petugas, silahkan masyarakat mengisi sendiri datanya lewat aplikasi online,” kata Dyah.

Periode pengisian Sensus online akan dimulai pada bulan Februari 2019. Masyarakat bisa mengisi datanya lewat situs https://sensus.bps.go.id.

96 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *